Penasaran? Ini Lho Potret Seragam Pramuka di Berbagai Negara,

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pramuka merupakan sebuah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di berbagai negara. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana yang artinya jiwa muda suka berkarya.

Membahas soal Pramuka, ternyata gerakan ini bukan hanya ada di Indonesia saja. Gerakan kepanduan yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat ini telah memiliki lebih dari 38 juta anggota yang tersebar di berbagai negara.

Pramuka sendiri hampir ada di setiap negara dan memiliki peraturan masing-masing, bahkan setiap negara mempunyai seragam pramuka yang beda dari negara yang satu dengan yang lain. Yuk kita simak ulasannya apa saja?

  1. Indonesia

Seragam Pramuka di Indonesia memiliki warna coklat muda dan coklat tua. Warna tersebut dipilih karena merupakan salah satu warna yang digunakan para pejuang Indonesia ketika masa perang kemerdekaan.

  1. Malaysia

Beda dengan di Indonesia yang bernama Pramuka atau Praja Muda Karana, di Malaysia namanya “Persekutuan Pengakap Malaysia”. Baju Pramuka Malaysia berwarna abu-abu dengan bawahan biru tua.

  1. Singapura

Gerakan Pramuka di Singapura bernama Singapore Scout Association (SSA). Gerakan pemuda tertua di Singapura ini memiliki seragam berwarna tosca dan bawahan abu-abu.

  1. Filipina

Pramuka Filipina bernama Boy Scouts of the Philippines (BSP). Memasuki abad ke-21, Pramuka Filipina menjadi salah satu organisasi Pramuka terbesar di dunia dalam hal jumlah keanggotaan. Seragam Pramuka Filipna berwarna krem dan hijau muda.

  1. Thailand

Organisasi Pramuka Nasional Thailand atau yang disebut National Scout Organization of Thailand (NSOT), didirikan 1 Juli 1911 oleh King Vajiravudh. Organisasi ini memiliki 828.248 anggota dengan seragam yang keseluruhan berwarna krem.

  1. Italia

Anggota wanita di Italia punya warna seragam berbeda dengan pria. Di sana seragam wanita berwarna biru langit dengan bawahan rok navy blue yang manis.

  1. Jepang

Desain seragam pramuka di Jepang hampir mirip dengan Indonesia, tapi letak badge dan warna scarf jadi pembeda yang cukup mencolok.

  1. Jerman

Gak seperti warna scarf atau hasduk pramuka di Indonesia yang pasti berwarna merah-putih, Jerman memiliki beberapa warna tergantung tingkat regunya.

 

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini