Penampilan BTS-Justin Bieber di Friends The Reunion Dihapus di Cina, Kenapa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Friends The Reunion sukses mengobati kerinduan para penggemarnya. Acara tersebut sudah ditayangkan di HBO Max pada Kamis 27 Mei 2021.

Dalam acara reunian itu, sejumlah musisi dunia pun tampil, mulai dari BTS, Lady Gaga hingga Justin Bieber. Namun, di tengah kebahagiaan itu, muncul kabar layanan streaming di Cina menghapus penampilan para musisi tersebut.

Beberapa bagian yang dihapus dari penayangan Friends: The Reunion adalah BTS, Lady Gaga, Justin Bieber, serta adegan-adegan yang dianggap mengandung LGBTQ+. Tak hanya itu, adegan Joey (Matt LeBlanc) yang hanya mengenakan pakaian dalam juga disensor bahkan dihapus.

Hal tersebut dilakukan tiga layanan streaming terbesar di Cina yakni iQiyi, Youku dan Tencent Video. Sehingga, sekitar enam menit hilang dari episode spesial yang berdurasi 1 jam 43 menit tersebut.

Alhasil, dilansir Variety, para penggemar kecewa dengan keputusan itu. Tapi tak sedikit pula yang setuju dengan penghapusan itu.

Sementara itu, muncul isu bahwa penghapusan penampila para musisi dunia itu lantaran pernah bermasalah dengan Cina, termasuk BTS dan Justin Bieber.

Pada 2020, banyak warga Cina yang kecewa dan marah kepada BTS. Hal itu berawal dari Pidato BTS saat menerima anugerah Van Fleet Award atas kontribusi mereka dalam hubungan Korea Selatan dan Amerika Serikat. Warga China menilai BTS tidak menghargai negara mereka dan mencerminkan sikap sepihak.

Sementara itu, Justin Bieber mendapat kecaman sejak 2014 karena mengambil gambar saat berkunjung ke kuil perang Yasukuni yang kontroversial di Tokyo, situs untuk menghormati penjahat perang dalam Perang Dunia II.

Hmm, gimana menurut kamu gaes?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini