Pelihara Kucing Bikin Wanita Sulit Hamil, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak digemari masyarakat. Wajah dan tingkah lakunya yang lucu banyak mencuri hati para pecintanya.

Namun, meski terbilang hewan peliharaan yang menggemaskan, tak sedikit rumor-rumor beredar tentang kucing. Salah satunya ialah kepercayaan bahwa kucing membuat wanita sulit hamil.

Mitos atau fakta?

Hal ini bermula karena kucing terkenal sebagai hewan pembawa parasit toksoplasmayang. Menurut masyarakat, hal ini bisa menyebabkan kesuburan wanita terganggu.

Toksoplasma adalah parasit yang memang bisa disebarkan melalui kucing. Namun, toksoplasma terdapat pada kotoran kucing dan bukan dari air liur atau bulunya.

Tokso pada kotoran kucing bisa menginfeksi manusia jika masuk melalui mulut. Itu artinya, kamu harus mencuci bersih tanganmu setelah membersihkan bak pasir atau kandang kucing peliharaanmu ya.

Sementara itu, dapat dikatakan bahwa tokso sebenarnya tak memengaruhi kesuburan wanita. Hanya saja, jika parasit tersebut menyerang wanita hamil, bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir cacat.

Nah, berbeda dengan laki-laki. Parasit tokso justru bisa menjadi masalah kesuburan pada pria. Meski demikian, dapat dikatakan memelihara atau bermain dengan kucing tidak berbahaya bagi kesuburan ya. Hanya saja, kamu harus ekstra hati-hati saat membersihkan kotorannya agar parasit itu tak masuk ke tubuh kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini