Pelajaran Berharga dari Hubungan yang “Beracun”

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kehilangan seseorang yang kamu anggap akan menjadi pelabuhan terakhir kisah cintamu memang sungguh menyakitkan. Setelah semua yang kamu berikan, baik waktu, tenaga, pikiran, dan seluruh perasaan yang tercurahkan, ruang hati yang sebelumnya terisi seketika hampa.

Putus cinta, patah hati, atau apalah namanya tidak selalu buruk. Meski tak mudah dan penuh air mata, percayalah ada pelajaran berharga di baliknya. Hingga akhirnya kamu akan bersyukur mengapa Tuhan tak menakdirkan kalian bersama.

Melansir Times of India, berikut pelajaran berharga yang kamu dapatkan dari hubungan yang beracun.

Selalu ikuti firasat

Terkadang suara di kepalamu terus mengatakan bahwa hubungan yang sedang kamu jalani itu tidak tepat untukmu selama ini. Mulailah mendengarkan suara hatimu lebih sering.

Dengarkan teman dan keluarga Anda

Keluarga dan teman akan selalu menginginkan yang terbaik untukmu. Jadi, jika mereka memiliki pendapat tentang seseorang yang saat ini sedang dekat denganmu, rasanya tak salah untuk mendengarkan mereka.

Learn your worth

Begitu seseorang mengecewakanmu dalam hubungan yang beracun, kamu harus bangkit dan learn your worth! Kamu itu penting dan di atas segalanya.

Anda tidak bisa mengubah orang

Hubungan yang beracun akan mengajari bagaimana kamu tidak dapat mengubah seseorang untuk selamanya, bahkan ketika kamu mencoba level terbaikmu. Semuanya terserah mereka, bukan kamu.

Belajar untuk mengutamakan diri sendiri

Jadikan dirimu sebagai prioritas dan lihat bagaimana kehidupan berubah di sekitarmu. Ini adalah salah satu pelajaran terbesar untuk dipelajari dari hubungan beracun di mana kamu menjadikan orang lain sebagai prioritas, sementara abai terhadap dirimu sendiri.

Belajar menetapkan batasan

Jangan biarkan siapa pun meremehkanmu, bahkan orang penting sekalipun! Selalu tentukan batasan dan jelaskan kepada orang lain.

Berdiri untuk diri sendiri

Begitu kamu mulai menyadari bahwa pasanganmu tak menghormatimu karena alasan apa pun, bela diri dan nyatakan pendapatmu.

Pelajari apa artinya settle

Banyak orang menerima apa yang mereka dapatkan dalam hidup. Baik itu pekerjaan atau hubungan. Tetapi begitu kamu mengakhiri hubungan yang beracun, kamu memahami arti sebenarnya dari settle.

Belajar memaafkan diri sendiri

Hubungan yang beracun akan membuatmu merasa itu semua adalah kesalahanmu. Tetapi begitu itu berakhir, kamu secara bertahap belajar bagaimana memaafkan diri sendiri dan mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk gagal. Lebih penting untuk bangkit setelahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini