Pecinta Bollywood Harus Tahu Sejarah Tarian Satu Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar Bollywood? Shah Rukh Khan? Atau Tarian? Ya, Bollywood dan tarian sudah menjadi kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

Film Bollywood tak lepas dari tariannya yang sangat enerjik. Paduan musik yang penuh sukacita dan tarian yang penuh semangat pasti membuat Anda semakin menikmati setiap adegan dalam film. Namun, tidakkah Anda penasaran dengan awal mula munculnya tarian dalam film Bollywood?

Tarian Bollywood yang sekarang kita lihat di film-film India muncul pertama kali pada abad ke-20. Tarian ini berasal dari daerah Bombay, India. Tarian Bollywood merupakan campuran dari banyak gaya termasuk tarian Barat dan “Kathak”.

Tarian ini menceritakan sebuah kisah, persis seperti yang dilakukan Bollywood – setiap gerakan memiliki makna yang signifikan dan selalu terkait langsung kembali ke lirik dalam lagu tersebut.

Karena itu baru dimulai pada abad ke-20, maka gaya tarian ini masih muda tetapi telah berkembang secara masif. Bollywood berasal dari tarian tradisional atau rakyat seperti Bharat Natyam.

Bharat Natyam memiliki banyak gerakan tangan dengan arti yang signifikan dan dilakukan dengan teknik yang jelas. Sama seperti balet, ia juga memiliki banyak gaya dansa lain yang dikembangkan langsung darinya.

Dilansir dari situs Grades Fixer, pada tahun 1950-an dan 1960-an, Bollywood terus berkembang dan jumlah penari yang digunakan pun mulai bertambah. Film berwarna mulai dibuat yang merupakan berkah bagi komunitas tari Bollywood karena warna-warna cerah adalah kunci dalam kostum dan latar.

Tahun 1970-an, tarian Bollywood mengalami perubahan besar. Kabaret dan tarian disko menjadi jauh lebih populer dan digunakan sebagai pengaruh dalam tarian Bollywood selanjutnya. Menggabungkan gaya-gaya dengan teknik orisinal ini memberi para penari lebih banyak ruang untuk bereksplorasi dan banyak penari mulai menciptakan teknik mereka sendiri.

Pada 1980-an, Bollywood mulai memasukkan gaya tarian Barat seperti hip-hop dengan menggunakan kelompok yang lebih besar, kostum yang lebih rumit, dan menari di banyak lokasi yang berbeda. Gerakannya masih seksi tetapi juga dikombinasikan dengan gerakan yang kuat dan berani yang terlihat lebih umum di hip – hop.

Dalam tarian Bollywood saat ini, Anda masih dapat melihat perbedaan yang jelas antara tarian wanita dan pria, namun tidak begitu beragam karena wanita juga telah menggabungkan gerakan berani.

Bollywood telah berkembang selama bertahun-tahun, sekarang ada perbedaan besar dalam bagaimana ia dimulai dengan pengaruh dari seluruh dunia yang memainkan peran penting dalam perkembangannya.

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini