Pasien Covid-19 yang Isoman, Rajin-rajin Cek Saturasi Oksigen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pasien Covid-19 disarankan untuk melakukan pengecekan tingkat saturasi oksigen saat melakukan isolasi mandiri (isoman).

Tingkat saturasi oksigen menjadi petunjuk mengenai kondisi jantung dan pernapasan pasien. Kini, pasien Covid-19 bisa melakukan pemeriksaan ini dengan menggunakan alat bernama oksimetri atau oximeter yang sudah dijual bebas.

Bahkan, beberapa ahli menyarankan pasien perlu memiliki alat oksimetri sendiri saat menjalani isoman. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai kadar oksigen dalam darah. Nah, tingkat oksigen dalam tubuh dapat dikatakan normal bila saturasi oksigen (SaO2) berkisar 95-100 persen.

Sementara itu, tingkat saturasi oksigen yang rendah di bawah 95 persen. Rendahnya kadar oksigen dalam darah bisa menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari sesak napas, nyeri dada, hingga batuk-batuk.

Untuk itu, pasien Covid-19 diimbau rutin mengecek saturasi oksigen setiap hari secara teratur. Dengan kata lain, pengecekan bisa dilakukan beberapa kali dalam satu hari. Perlu diketahui, tingkat saturasi oksigen 91-94 persen mengindikasikan adanya masalah medis. Sementara itu, di bawah 90 persen bisa menandakan masalah medis yang parah.

Dikutip dari Halodoc, Senin 19 Juli 2021, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen agar tetap stabil, di antaranya:

1. Pastikan sirkulasi udara di ruangan sudah baik.
2.Olahraga secara teratur (tanyakan pada dokter sebelum melakukannya).
3. Mendapatkan asupan zat besi yang cukup.
4. Hindari rokok atau asap rokok.

Hal-hal di atas mungkin terdengar klise. Namun, cara-cara klasik tersebut sudah terbukti mampu menjaga kesehatan manusia secara holistik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini