Pacaran Tapi Belum Dapat Restu Orangtua? Ikutin 7 Tips Ini Deh

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Akhir-akhir ini, sedang marak isu tentang hubungan Arie Kriting dengan Indah Permatasari. Di mana ibunda Indah, Nursyah, tidak merestui hubungan putrinya dengan Arie.

“Saya gak pernah kasar urus anak, cuma ini saja kenapa bisa beda sekali ini anak. Jangan dicuci otak anak saya,” kata Nursyah.

Bercermin dari kisah tersebut, selain harus selektif dalam memilih pasangan, kita juga harus bisa meyakinkan orangtua bahwa pasangan kita adalah pilihan yang tepat.

Jika sudah sama-sama yakin, maka restu dari orangtua akan lebih mudah untuk digenggam.

Namun terkadang, orangtua tidak mudah menerima pasangan kita. Ketidakcocokan sifat, perbedaan latar belakang, hingga ketidakpercayaan bahwa dia bisa jadi pendamping yang baik bagi kita bisa menjadi penyebabnya.

Nah, jika kamu sedang berada dalam situasi seperti itu, kamu butuh tips untuk meyakinkan orangtuamu bahwa pasanganmu adalah pilihan terbaik. Berikut beberapa tipsnya:

1. Ajak ke acara keluarga.

Cara paling ampuh adalah, mengajak pasangan ke berbagai event keluarga. Minimal, ajaklah mampir ke rumah. Itu menandakan bahwa kalian serius dalam menjalani hubungan.

Degan begitu, pasangan dan keluargamu akan lebih sering bertatap muka, mengobrol, dan orangtuamu juga akan lebih memahami seperti apa sifat dari pasanganmu.

Lebih baik, saat kunjungan pertama pasanganmu, tetaplah berada di sampingnya untuk membantu menjawab ‘wawancara’ dari orangtuamu. Ini bisa menjadi kode bahwa kamu memilih dia untuk menjadi bagian dari keluarga untuk ke depannya.

2. Bersikap tenang.

Jika tahap pendekatan orangtua dengan pasangan tidak begitu lancar, jangan khawatir. Saat kamu sudah tahu bahwa pasanganmu akan membuat orangtua naik pitam, tetaplah tenang.

Tanpa ikut-ikutan tersulut emosi, biarkanlah mereka meluapkan emosi mereka. Setelahnya, ungkapkanlah alasan mengapa dia tepat menjadi pendamping hidupmu.

Kamu bisa sebutkan kelebihan-kelebihan pasanganmu, tapi dengan sikap tenang, jangan menggebu-gebu. Jelaskan bahwa kamu memilihnya tidak hanya berdasarkan cinta, tapi juga hal-hal lain yang dimiliki pasanganmu.

3. Ceritakan kelebihan pasanganmu.

Orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya melihat anaknya bahagia. Alasan itulah yang membuat mereka khawatir akan masa depan anaknya jika jatuh ke tangan yang tidak tepat.

Maka dari itu, jelaskanlah pada orangtua bahwa pasanganmu justru orang yang paling mampu membuatmu bahagia. Dengan menjabarkan sifat-sifat baik pasanganmu, sudah mampu membuat orangtuamu terkesan.

Jangan pernah coba-coba untuk berbobohng, karena orangtua akan selalu mengingat apa yang kamu ceritakan tentang pasanganmu. Jujur adalah cara paling ampuh agar orangtua yakin kalian akan baik-baik saja.

4. Ungkap juga kekurangan pasanganmu.

Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Maka, ceritakan juga kekurangan kekasihmu pada orangtua dengan jujur. Misalnya pasanganmu yang belum memiliki pekerjaan yang mapan, atau pengetahuan agamanya yang masih kurang.

Dengan menjelaskan semuanya, maka baik kamu, pasanganmu, dan orangtua masing-masing bisa mencari solusi terbaik untuk ke depannya.

Cobalah yakinkan orangtua bahwa kamu sudah punya gambaran bagaimana kamu akan mengurangi semua kekurangan itu. Meski kadang belum pasti, namun hal ini cukup ampuh menjadi penakluk hati orangtuamu.

5. Ceritakan pada orangtua tentang masalah yang pernah kalian alami.

Dengan menceritakan masalah yang pernah kamu alami dengan pasangan, dan bagaimana kalian menyelesaikan masalah itu, membuat orangtua akan menilai bahwa anaknya telah cukup dewasa.

Hal itu bisa membuktikan bahwa kalian bisa menjadi partner hidup yang baik. Kamu pun sudah menunjukkan bahwa kamu mampu berpikir dengan matang ketika memutuskan bahwa ia yang akan mendamingimu hidupmu dari sekarang.

6. Buktikan bahwa kalian nggak cuma bucin.

Perencanaan adalah bukti bahwa kamu serius dengan tambatan hatimu di masa depan. Ini juga membuktikan bahwa kalian memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai bersama.

Jelaskanlah pada orangtua tentang apa yang ingin kalian lakukan bersama di masa yang akan datang. Jika sudah begitu, orangtua akan berpikir bahwa kalian sebenarnya sudah hati-hati dalam merencanakan hidup. Nggak cuma bucin, tapi kalian juga berusaha dalam memperjuangkan hidup yang bahagia.

7. Tanyakan alasan orangtuamu menolak.

Jika hubungan kalian masih mentok di restu, janganlah menyerah. Orangtuamu hanya butuh diyakinkan kalau kalian akan bisa melewati semuanya.

Tanyakanlah alasan mereka menolak kekasihmu, tapi tanpa menyakiti hati mereka. Dengan begitu, kamu bisa mencari argument dan memberikan penjelasan lebih spesifik agar mereka bisa lebih yakin.

Dalam menemukan pasangan sejati, perjalanannya memang terkadang tak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa kerikil yang menghambat perjalanan tersebut.

Namun dengan niat, alasan yang logis, bukan mustahil orangtua akan luluh dan menerima keputusan kita dalam memilih teman hidup. Selamat mencoba, dan semoga beruntung! (Dinda)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini