Oppo A92
Oppo A92 (oppo.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kabar gembira bagi para orang tua. Produsen ponsel Oppo menyematkan dua fitur untuk memantau aktivitas anak saat bermain gadget. Dua fitur itu bernama Kid Space dan Parental Controls dan tersedia pada ponsel Oppo A92.

“Dengan tersebut, orangtua pun bisa mengendalikan penggunaan smartphone dan mengarahkan anak-anak untuk tetap bijak dalam menggunakan perangkat digitalnya,” ujar Oppo Indonesia dalam keterangan resminya, Sabtu 27 Juni 2020.

Dengan fitur ini, para orang tua bisa menentukan aplikasi yang boleh diakses oleh anak dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit, 30 menit dan seterusnya.

Jika sudah terpasang, mode Kid Space tidak akan menampilkan aplikasi-aplikasi lain yang ada di smartphone kecuali yang sudah dipilih oleh orang tua.

Selain itu, Kid Space juga memiliki fitur untuk mencegah anak melakukan pembelian items dari game atau aplikasi yang mereka mainkan dan juga membatasi penggunaan kuota internet. Hal ini juga dapat mencegah anak-anak untuk tidak mengunduh konten atau game-game dewasa.

Sementara fitur Parental Controls berguna untuk memonitor penggunaan smartphone secara terpisah jika anak memiliki ponsel pintar sendiri. Jadi, para orang tua bisa memantau aktivitas dalam menggunakan gawainya dari perangkat yang terpisah.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Family Link dari Google Play Store. Lewat aplikasi Google Family Link ini, orangtua dapat memantau dan membatasi aplikasi-aplikasi yang boleh diunduh oleh anak.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here