Omset Puluhan Juta Hasil Lelang Ikan Cupang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA  – Jika biasanya lelang digunakan sebagai proses jual beli barang atau jasa, kini lelang juga berlaku untuk jual beli Ikan Cupang. Adalah Fishkinian Official, salah satu akun pelelang Ikan Cupang yang ada di Indonesia dengan jumlah pengikut Instagram mencapai 200 ribu dan subscriber YouTube sebanyak 58 ribuan.

Bisnis lelang Ikan Cupang yang awalnya hanya disiarkan melalui live Instagram pada 2018 sampai akhir 2019 itu, kini mulai mengalihkan proses pelelangannya ke platform media lain seperti YouTube dan Tik-Tok. Hal tersebut lantaran Instagram menerapkan larangan bagi penggunanya untuk melakukan transaksi jual-beli hewan. ”Dulu lelang ikan cupang di Instagram tahun 2018 sampai akhir 2019. Masuk ke tahun 2020 kita mulai pakai YouTube dan baru-baru ini juga pakai Tik-Tok untuk melakukan lelangnya, karena di Instagram tidak diperbolehkan lagi melakukan jual-beli hewan,” ujar Muhammad Rizky Rakayanto, Owner dari Fishkinian Official, kepada Mata Indonesia, Rabu 23 September 2020.

Fishkinian Official merupakan bisnis Ikan Cupang yang dibentuk dengan konsep create market. Dalam pengelolaannya Rizky dan timnya membentuk pasarnya sendiri dalam memperkenalkan penjualan ikan hias melalui media online. Mulai dari cara mereka endorse, sampai melakukan iklan di Instagram Ads dan YouTube Ads. Untuk mengurangi para pesaingnya, owner dari Fishkinian ini melakukan taktik khusus dengan cara mensortir pengikutnya di sosial media. ”Contohnya seperti di  Instagram kita lock akun Instagram Fishkinian dan biasanya kita sortir orang-orang yang sudah terlihat sebagai pesaing. Kalau sudah terlihat sebagai pesaing seperti itu, biasanya tidak kita accept, jadi kita mau buat pasar tapi kita lock sendiri pasar kita supaya para pesaing gak masuk,” ujar Rizky.

Pria yang membuka bisnis lelang Ikan Cupang karena hobinya ini, menjelaskan mengenai sistem lelang yang ia berlakukan di Fishkinian Official. Rizky mengatakan untuk bisa dapat bergabung dalam live streaming lelang ikan, pelanggan diwajibkan mendaftar terlebih dahulu ke admin Fishkinian dengan cara mengirim format DAFTAR (SPASI) NAMA AKUN YOUTUBE dan dikirim ke WhatsApp di nomor 085716268857.

Guna meminimalisir pelanggan yang usil mengikuti lelang dan tidak melakukan proses pembayaran, Rizky bersama timnya melakukan pemblokiran nomor WhatsApp yang sudah terdaftar sebelumnya, sehingga pelanggan tersebut tidak dapat ikut lagi dalam live streaming Fishkinian Official.

Sejak melakukan pelelangan Ikan Cupang melalui live streaming YouTube pada awal tahun 2020 lalu, Fishkinian Official membentuk jadwal pelelangan yang digelar setiap minggunya. Jadwal pelelangan Ikan Cupang ini terbagi menjadi dua periode. Periode lelang pertama diadakan di hari Senin dan Selasa, kemudian periode lelang kedua diadakan pada Kamis, Jum’at dan Sabtu. Durasi lelang berlangsung mulai dari pukul 6 sore hingga 12 malam.

Di tengah tingginya grafik angka penjualan Ikan Cupang belakangan ini, Fishkinian Official meraup omset sebanyak 39 juta perhari dari hasil pelelangan Ikan Cupang yang digelar di kanal YouTube miliknya. Fishkinian juga mampu menjual habis 300 ekor cupang yang dilelangnya dalam waktu enam jam, dan melakukan pengiriman yang menjangkau hampir seluruh Indonesia. Pelelangan tertinggi yang didapat Fishkinian sampai saat ini adalah penjualan satu ekor Ikan Cupang jenis Avatar Halfmoon Double Tail yang mencapai harga 10 juta. ”Paling tinggi satu ekor laku di 10 juta jenis Avatar Halmoon Double Tail, jadi kan di Indonesia jenis Avatar kebanyakan Plakat, nah yang kita punya ini lumayan unik jenis Halfmoon Double Tail jadilah harganya terlepas mahal.,” ujar Rizky.

Dalam proses pelelangan, selain kondisi Ikan Cupang yang berkualitas ada juga hal lain yang harus diperhatikan yakni, host. Menurut Rizky sangat penting memilih host yang tepat dalam pelelangan. Ia mengatakan jika memilih salah satu timnya yang pembawaanya kurang tepat dan asyik maka jumlah penontonnya pasti berkurang. Sebagai owner Rizky selalu mengingatkan timnya baik host maupun admin untuk tetap ramah kepada pelanggannya. ”Saya selalu mengingatkan tim saya untuk tetap welcome dan humble kepada pelanggan, untuk gak terlalu serius. Supaya pelanggan betah nonton live lelang ikan kita dan bisa menjadi daya tarik sendiri untuk para pelanggan membeli ikan-ikan cupang kita, karena mereka melihat pembawaan tim kita yang asik saat lelang,” kata Rizky

Terbukti, cara Fishkinian Official melakukan pelelangan dengan pembawaan yang tepat dan asyik mampu mendatangkan komentar positif dari para pelanggannya. ”Ikan-ikannya top grade, cara lelangnya juga bagus ada peraturannya juga. Recommended buat yang suka lelang apalagi suka ikan cupang juga.” tulis salah satu pelanggan bernama Adit Eko, di kolom komentar YouTube Fishkinian Official.

Reporter: Miskatul Nisa Kamilah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini