Home Gaya Hidup Olahan Pisang Zaman Belanda Jadi Camilan Favoritnya Jokowi, Ini Wujudnya

Olahan Pisang Zaman Belanda Jadi Camilan Favoritnya Jokowi, Ini Wujudnya

0
196
Sanggara Balada cemilan favorit Presiden Jokowi
Sanggara Balada cemilan favorit Presiden Jokowi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pecinta kuliner berbahan pisang pasti tahu dengan Sanggara Talemme atau Sanggara Balanda. Ya, ini murakana kudapan khas Bugis-Makassar, yang sudah ada sejak jaman Belanda.

Ternyata kuliner legendaris ini juga salah satu camilan favoritnya Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam bahasa Bugis, Sanggara berarti pisang goreng, sementara Balanda diambil dari nama negara Belanda. Biasanya, Sanggara Balanda banyak dijual setiap bulan Ramadhan, sebagai menu berbuka puasa.

Tapi saat ini tidak perlu menunggu bulan puasa, kamu bisa menikmati camilan ini di Kedai Kantor Kopi, yang berdiri di Tonrangeng River Side, salah satu spot nongkrong kekinian di Parepare, Sulawesi Selatan.

Dulunya, Sanggara Balanda dibuat menggunakan keju, mentega dan bertabur kacang tanah di atasnya. Konon, olahan pisang keju adalah camilan favoritnya orang Belanda.

Aslinya kue ini kan hanya menggunakan kacang dan gula pasir di atas pisang yang sudah digoreng, nah biar lebih menarik kita siapkan juga dengan topping beragam, seperti red velvet, green tea dan juga stroberi cokela.

Ciri khas Sanggara Balanda, hanya bisa dibuat dari pisang raja yang sudah sangat matang, enggak boleh pisang lain karena bakal memengaruhi rasa. 

Pisang raja kemudian digoreng dan dibelah tengahnya lalu ditaburi aneka topping.  Rasanya yang manis legit, sangat pas dinikmati dengan kopi atau teh hangat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here