Nyaman Tanpa Rugi, Simak 6 Tips Aman Berbelanja Online Berikut!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini memudahkan kita dalam melakukan segala hal. Salah satu kemudahannya adalah, menjamurnya situs belanja online atau E-Commerce.

Inovasi ini sangat menguntungkan pengguna internet, khususnya shoppaholic. Kita tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk membeli sesuatu yang kita suka atau butuhkan. Cukup dengan gadget atau smartphone, sampai deh barangnya.

Meskipun menjanjikan keuntungan, kecermatan juga tetap dibutuhkan dalam berbelanja online. Banyak oknum nakal yang memanfaatkan hal ini untuk kepentingan pribadinya. Yang ada, kita bukannya untung, malah buntung.

Nah, untuk kenyamanan dalam berbelanja online, yuk simak 6 tips berikut!

1. Cari online shop terpercaya

Banyaknya online shop yang menawarkan produknya dengan cara menarik. Ada baiknya kita mencari online shop yang trusted terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Kita bisa memulainya dengan cara sederhana, seperti menghubungi kontak si penjual yang tertera untuk memastikan keasliannya.

2. Lihat testimoni dari konsumen

Cara sederhana yang lain adalah dengan melihat ulasan-ulasan konsumen yang pernah menggunakan jasa online shop tersebut. Jika banyak konsumen yang mengeluh dan komplain, lebih baik cari online shop yang lain. Pilih situs belanja online yang memiliki banyak ulasan positif dan rating yang tinggi.

3. Periksa dan perhatikan deskripsi produk

Kita harus waspada pada barang yang bermerk, namun memiliki potongan harga yang besar. Bisa saja barang tersebut palsu. Lihat juga ukuran yang tertera jika ingin membeli pakaian, sepatu, atau yang lainnya. Jangan sampai, kita tertipu dengan produk yang kita pilih sendiri.

4. Jangan mudah tergoda dengan harga murah

Harga barang yang murah, belum tentu sebanding dengan kualitas barangnya. Jangan mudah kecolongan dengan harga miring yang ditawarakan, karena berpotensi adanya penipuan. Carilah harga yang murah, namun masih dalam batas wajar dari harga pasar pada umumnya.

5. Utamakan fasilitas Cash On Delivery (COD)

Untuk menghindari adanya kerugian yang lebih besar, lebih baik memilih metode pembayaran dengan bayar di tempat atau cash on delivery (COD). Setiap cara pembayaran memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, namun cara COD dinilai paling aman dalam melakukan transaksi belanja online.

6. Simpan bukti transaksi

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah dengan menyimpan bukti transaksi. Baik dalam bentuk pesan, kuitansi, atau notifikasi berhasilnya transaksi yang dilakukan. Jangan lupa untuk mengecek kembali total harga barang yang harus dibayar. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kerugian atau penipuan yang dirasakan oleh konsumen.
Itu dia beberapa tips aman berbelanja online.

Semoga memberikan manfaat bagi kita agar tetap berhati-hati dalam melakukannya. Happy shopping!

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini