Tips and Trik Ini Bikin Awal Pekanmu Gak Bosenin

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Sebagian orang menganggap bahwa hari Senin adalah hari yang berat, menjenuhkan dan bikin stres. Anggapan tersebut pun dibuktikan sebuah studi yang menilai bahwa 81 persen dari seribu responden mengaku cemas saat tahu bahwa akhir pekan akan segera berakhir.

Bahkan dua dari tiga responden mengaku sulit terlelap pada Minggu malam. Kecemasan mereka pun cukup beragam, mulai dari tugas atau pekerjaan.

Merangkum dari pelbagai sumber, MINEWS ingin berbagi tips and trik agar kalian tetap semangat dan ceria untuk kembali menghadapi rutinitas kerja harian. Apa saja sih? Simak ulasannya berikut ini:

1. Hindari alkohol
Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol jadi cara tepat untuk menimbulkan suasana nyaman. Faktanya alkohol dapat merusak pola tidur.

Semakin banyak alkohol yang diteguk, semakin tinggi emosi negatif itu muncul seperti rasa cemas dan stres.

2. Kembali ke alam
Daripada memelihara cemas di Minggu sore, sebaiknya Anda jalan-jalan di sekitar taman atau wisata alam terdekat. Sebuah studi yang dipublikasikan pada April lalu menemukan, berjalan-jalan di taman kota tiga kali dalam sepekan dapat mengurangi kadar hormon kortisol.

Studi ini didukung pula oleh penelitian pada 2013 yang menyebut, jalan-jalan di area hijau membantu menenangkan otak tak ubahnya meditasi.

3. Olahraga
Rasa cemas memicu peningkatan tekanan darah dan membuat napas menjadi cepat. Jika terus berlanjut, kondisi ini bisa memicu pelepasan hormon kortisol, si hormon stres.

So, kalian harus perangi produksi kortisol dengan meningkatkan produksi endorfin atau hormon yang memicu perasaan senang. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Keringat dan aktivitas olahraga bisa menurunkan rasa cemas, depresi, dan meningkatkan mood. Anxiety and Depression Association of America menyebut, lima menit aerobik dapat mengurangi kecemasan.

4. Menjauh dari pekerjaan
Jadikan Minggu sebagai hari yang ‘bersih’ dari segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Anda bisa mengurangi penggunaan ponsel dan mengecek surat elektronik.

5. Buat catatan
Sulit tidur bisa timbul karena seseorang tak sadar dengan apa yang dikhawatirkannya.
Buat catatan soal apa yang akan dilakukan pada Senin atau jika memungkinkan dalam satu pekan. Kegiatan mencatat membuat Anda menuangkan semua kekhawatiran yang ada.

Anda juga bisa menulis tentang hal-hal yang membuat cemas atau perasaan senang sekalipun. Studi menunjukkan, mencatat adalah cara terbaik untuk menanamkan sikap optimistis dan menciptakan pandangan positif dalam hidup.

6. Ciptakan suasana tidur nyaman
Ciptakan suasana nyaman demi tidur yang nyenyak dan bebas cemas. Suasana nyaman dapat mendorong otak untuk menyadari jam istirahat telah tiba.

Gunakan bantal dan kasur yang nyaman. Buat suhu ruangan sesejuk mungkin. Jauhkan diri dari cahaya dan peralatan elektronik termasuk ponsel atau televisi.

Anda bisa mencoba relaksasi dengan meditasi, yoga atau mandi air hangat setidaknya satu jam sebelum tidur. Tubuh yang rileks bisa menghantarkan tubuh untuk istirahat.

Selamat mencoba ya gaes!

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini