Nih Daftar Tempat Wisata yang Bisa Dijangkau Tanpa Naik Pesawat
Kopi Daong (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi Widodo telah merevisi cuti bersama pada bulan Oktober 2020. Revisi tersebut berkaitan dengan adanya peringatan Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020. Dengan demikian, lama hari libur bisa berlangsung 5 hari, sejak 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Nah, bagi kamu yang ingin mengisi waktu liburmu bareng keluarga ke tempat-tempat wisata, boleh-boleh saja asalkan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bahkan ada yang bisa ditempuh tanpa menggunakan pesawat lho! Berikut daftarnya :

1. Situ Gede
Dalam Bahasa Sunda, kata situ berarti danau. Sedangkan Gede memiliki arti besar atau luas. Danau Situ Gede memiliki luas sekitar 47 hektar dengan kedalaman 6 meter. Di tengahnya ada pulau kecil berukuran 1 hektar yang kenal kuburan Prabudilaya dan dua pengawalnya Ki Sagalong serta Ki Siliwati. Warga sekitar mempercayai terbentuknya Situ Gede, akibat tragedi yang dialami oleh Prabudilaya dan dua pengawalnya itu.
Nih Daftar Tempat Wisata yang Bisa Dijangkau Tanpa Naik Pesawat
Lokasi Situ Gede berada di antara Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, tepatnya di Kecamatan Mangkubumi. Pengelola menyediakan banyak gazebo yang dilengkapi dengan meja dan kursi sebagai tempat bersantai para wisatawan, agar dapat merasakan kesunyian dan ketenangan obyek wisata. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan beragam menu makanan dari olahan ikan.

Staycation atau penginapan di Danau Situ Gede cukup banyak dengan harga yang bervariatif, berawal dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000 per malamnya dan tiket masuk untuk ke destinasi wisata tersebut sangat terjangkau dengan biaya Rp 20.000.

2. Kopi Daong
Penamaan Kopi Daong berasal dari bahasa Manado yang berati daun, selain itu Kopi Daong mengusung tema ngopi dihutan pinus yang sejuk sembari menikmati menu pilihan yang tersedia di kafe dan restoran tersebut. Walaupun menu andalannya, yaitu kopi daong dan kopi beuh akan tetapi kafe ini menyediakan beberapa desserts dan beberapa minuman violet tea, green tea latte, dan hot chocolate bagi Anda yang tidak bisa meminum kafein.
Nih Daftar Tempat Wisata yang Bisa Dijangkau Tanpa Naik Pesawat
Letak Kopi Daong berada di Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke Kopi Daong gratis atau wisatawan tidak perlu membayar, namun sebagai gantinya harus membayar menu yang telah dipesan.

Bagi Anda yang ingin bermalam di Kota Bogor dan mengunjungi beberapa destinasi lainnya, berikut range harga yang ditawarkan untuk staycation di dekat Kopi Daong. Harganya pun cukup bervariatif dari Rp 90.000 hingga Rp 1.000.000 ke atas. Fasilitasnya pun tergantung dari harga yang Anda pilih, semakin tinggi harga, maka fasilitasnya ditawarkan sepadan.

3. Fly Indonesia Paragliding
Paragliding atau paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan kain (parasut). Olahraga paragliding memanfaatkan sebuah lereng bukit atau gunung dengan bermodalkan kekuatan angin sebagai daya angkat parasut melayang tinggi di angkasa. Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim dan ingin menguji andrenalin, paralayang ini sangat cocok.
Nih Daftar Tempat Wisata yang Bisa Dijangkau Tanpa Naik Pesawat
Letak destinasi wisata paragliding berada di kawasan Agrowisata Gunung Mas cabang Bukit Gantole atau tepatnya di Jalan Raya Puncak, Gunung Mas, Cisarua, Bogor. Selain itu, harga tiket masuk untuk berwisata ketempat tersebut dikenakan biaya Rp 13.000 per orang. Sedangkan yang ingin mencoba olahraga paragliding dibandrol Rp 350.000 untuk domestik dan Rp 400.000 bagi mancanegara.

Walaupun terbilang cukup mahal untuk mencoba olahraga paragliding, tetapi mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan kebun teh dari angkasa layaknya seekor burung. Bagi wisatawan yang belum pernah mencoba olaharaga paragliding tidak usah khawatir, karena disediakan instruktur yang sudah berpengalaman untuk menemani Anda saat berada diangkasa.

Dengan memiliki uang Rp 100.000, Anda sudah bisa mendapatkan penginapan untuk mengistirahatkan tubuh, setelah beraktivitas. Namun fasilitas yang ditawarkan pun terbatas.

Reporter: Rifan Faturachman

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here