Nih Cara Berlangganan Aplikasi Streaming dengan Mudah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada saat situasi pandemi seperti ini, dibutuhkan aplikasi video streaming guna mengurangi rasa bosan. Cara untuk berlangganannya pun terbilang cukup mudah.

Banyak cara untuk dapat berlangganan di aplikasi tersebut, mulai dari yang legal maupun yang ilegal.

Namun, ada hal yang mesti Anda catat, saat Anda memutuskan untuk menonton TV secara online, pastikan jika Anda memiliki koneksi internet yang cepat.

Jika Anda menggunakan paket data unlimited, maka Anda tak boleh mengeluh jika acara nonton TV bisa terganggu karena paket unlimited biasanya memiliki kecepatan yang lambat. Jadi, pastikan jika memiliki akses internet yang cepat agar bisa menonton channel kesukaan dengan lancar tanpa hambatan.

Menonton televisi online juga tidak hanya bisa Anda lakukan dengan menggunakan PC saja. Anda juga bisa menggunakan smartphone atau tablet untuk menontonnya, baik itu dengan OS Android, iOS, hingga Windows Phone.

Meskipun, layarnya tak sebesar komputer, namun setidaknya Anda bisa menonton TV tanpa harus berebut remote dengan kakak atau adik. Beberapa tawaran dari aplikasi seperti Netflix, Disney+Hostar, Viu, Vidio, cukup mendaftarkan email kita di aplikasi tersebut.

Netflix


Pelopor penyedia layanan streaming film global, Netflix hadir di Indonesia sejak Januari 2016. Dengan koleksi film dan serial televisi yang mencapai sekitar lima ribu konten pada tahun 2018, Netflix menawarkan lebih banyak pilihan dibanding layanan serupa lainnya.

Harga berlangganan paket Netflix cukup bervariasi, mulai dari Rp 109.000 untuk paket dasar yang bisa diakses dari satu layar, hingga Rp 169.000 untuk paket premium empat layar. Akhir 2019 lalu, Netflix meluncurkan paket ponsel seharga Rp 49.000 di Indonesia.  Sistem pembayaran Netflix baru bisa menggunakan kartu kredit dan debit.

Amazon Prime Video


Layanan streaming film berbayar milik perusahaan raksasa teknologi Amazon ini juga telah merambah Indonesia sejak tahun 2016. Amazon memiliki koleksi film dan serial TV Barat berjumlah ribuan. Para pelanggan Amazon Prime Video mendapat keanggotaan premium di layanan streaming game Twitch.

Di Indonesia, paket berlangganan Amazon Prime Video seharga Rp 85.000 per bulan. Sistem pembayarannya tak hanya dapat menggunakan kartu kredit dan debit, tetapi juga potong pulsa (carrier billing) untuk beberapa operator seperti Telkomsel, XL dan Indosat. Sejak akhir 2019 lalu, Amazon Prime Video juga dapat dibayar dengan menggunakan GoPay.

Iflix

Layanan ini secara resmi baru hadir pada Juni 2016.  Platform VoD milik Catcha Group dari Malaysia ini telah berganti kepemilikan. Perusahaan asal Cina, Tencent telah mengakuisisi Iflix pada akhir Juni 2020 lalu.

Sebelumnya, Iflix menggandeng sejumlah penyedia layanan internet dan seluler sebagai mitra, seperti Indihome, Indosat Ooredoo, atau XL Axiata. Bila tidak menggunakan layanan internet dari mitra Iflix, pengguna akan dikenakan biaya berlangganan mulai dari Rp 39.000 per bulan dengan pembayaran melalui kartu kredit atau sistem potong pulsa.

Viu

Bila kamu merupakan penggemar film Korea atau serial televisi dari negara-negara Asia, maka Viu merupakan layanan wajib. Kamu akan dimanjakan dengan koleksi konten dari berbagai negara di Asia. Di aplikasi ini, sebenarnya ada beberapa konten yang gratis. Namun tayangan gratis tersebut bisa kamu nikmati karena telah disisipi iklan. Hal ini dikarenakan hanya pelanggan berbayar yang dapat mengakses seluruh koleksi konten video dalam Viu.

Harga langganan paket Viu premium bervariasi, mulai dari Rp 30.000 per bulan hingga Rp 200.000 untuk satu tahun. Pilihan pembayarannya dapat menggunakan kartu debit dan kredit, potong pulsa, kode promo, google billing dan maxis billing

GoPlay

GoPlay menjadi pemain lokal yang bergabung ke industri VoD Indonesia sejak September 2019. Platform bentukan Gojek ini telah bekerja sama dengan beberapa rumah produksi lokal untuk menciptakan konten adaptasi, seperti Gossip Girl Indonesia dan serial orisinal Saiyo Sakato dan Tunnel.

GoPlay punya aplikasi terpisah dari Gojek. Harga langganannya sebesar Rp 89.000 per bulan, dan Rp 60.000 per dua minggu, yang dapat dibayar dengan GoPay. Kamu juga dapat membeli paket berlangganan GoPlay yang bundle dengan layanan Gojek lainnya seperti GoFood dan GoSend.

Vidio

Vidio sebelumnya merupakan platform berbasis User Generated Content (UGC) yang bertransformasi menjadi platform VoD.

Empat konten andalan mereka adalah sinetron, drama percintaan remaja, liga olahraga, hingga koleksi film komedi seperti Warkop DKI. Pengguna tak hanya dapat menikmati konten serial orisinal Vidio, tetapi juga sinetron yang telah ditayangkan di saluran televisi yang terafiliasi dengan Emtek Group seperti SCTV dan Indosiar.

Konten televisi di Vidio sebagian besar dapat diakses gratis oleh pengguna. Vidio juga memiliki dua jenis paket premium yaitu premier gold dengan harga Rp 19.000 per bulan dan premier platinum seharga Rp 29.000 per bulan.

HBO Go

Sesuai namanya, HBO Go merupakan platform VoD yang dikembangkan oleh saluran televisi berbayar HBO. Platform ini hadir di Indonesia sejak awal tahun 2020 lewat situsnya dan aplikasi yang dapat diunduh dari App Store dan Play Store.

Selain konten film, kamu juga bisa mengakses streaming enam saluran HBO yaitu HBO, HBO Signature, HBO Hits, HBO Family, Cinemax dan RED by HBO.

Untuk berlangganan HBO Go, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 60.000 per bulan. HBO memberikan kesempatan akses gratis selama tujuh hari untuk pengguna pertama. Aplikasi HBO Go juga tersedia melalui Maxstream Telkomsel, First Media dan Indihome.

Apple TV+

Layanan Apple TV+ hadir serentak di 100 negara, termasuk Indonesia sejak November 2019. Mereka menyajikan konten orisinal dan film-film Hollywood. Biaya langganannya sebesar Rp69.000 per bulan untuk enam akun. Bagi kamu yang membeli perangkat Apple (iPhone, iPad, MAC, Apple TV, iPod Touch) setelah 10 September 2019 juga akan mendapatkan akses gratis ke Apple TV+ selama setahun bila menukarkan penawarannya dalam 90 hari.

Catchplay

Layanan streaming film dari Taiwan ini khusus pada penyewaan film-film layar lebar. Karena berasal dari Taiwan, Catchplay memiliki akses ke sejumlah film berbahasa Mandarin yang relatif lebih banyak dibanding layanan lain dalam artikel ini.

Kamu bisa berlangganan paket bulanan seharga Rp 45.000 untuk menonton koleksi film yang terdapat dalam Catchplay. Selain itu, mereka juga menyediakan layanan sewa film-film terbaru dengan harga terjangkau di luar paket menonton per bulan.

Genflix

Sebagai layanan streaming film buatan perusahaan dalam negeri, cara pembayaran untuk berlangganan Genflix benar-benar disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Kamu bisa membayar biaya langganan Genflix seharga Rp 49.000 per bulan lewat berbagai cara, mulai dari transfer bank hingga membayar di kantor pos.

Biaya langganan Genflix dibanderol seharga Rp 49.000 per bulan. Jumlah konten yang bisa kamu nikmati memang lebih sedikit dibanding Netflix. Meski begitu, keunggulan Genflix adalah memberikan ruang bagi sineas perfilman lokal melalui kategori koleksinya bernama Indonesia Indie Corner dan Film Pendek Indonesia dari ISP.

Disney+Hotstar

Pendatang baru di Indonesia ini sontak mendapat perhatian masyarakat. Gara-gara Film Mulan yang ditayangkan secara esklusif di aplikasi ini, banyak orang yang penasaran hingga jumlah pelanggan meningkat.

Tiap-tiap film yang tersedia di Disnaey+ Hotstar sudah dilengkapi dengan subtittle dan dubbing bahasa Indonesia. Disney+ Hostar juga memiliki fitur Kids safe yang ada di menu utama. Jika diaktifkan, aplikasi Disney+ Hotstar akan berubah menjadi Disney+ Kids dan hanya konten-konten ramah anak saja yang terlihat aplikasi.
Biaya langganan Disney sama dengan yang lain. Sekitar Rp 39.000 per bulan dan bisa dibayar dengan OVO dan kartu kredit.

Itu yang legal. Bagaimana dengan ilegal? di sejumlah akun sosial media, penawaran langgananpun berjibun dengan harga yang sangat miring. Mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

Reporter: Githa Mevishania

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini