Nih Bunda, Cara Agar Ketupat Lebih Enak dan Awet

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat hari raya, tentu hidangan yang tersedia melimpah ruah di meja makan. Salah satu sajian yang tak boleh ketinggalan ialah ketupat.

Biasanya kita akan mengkonsumsi ketupat dan olahan khas hari raya lainnya sampai beberapa hari kedepan. Untuk itu, penting untuk kamu pahami bagaimana cara ketupatmu tetap awet dan nikmat.

  1. Kualitas Beras

Langkah pertama, pastikan kamu memilih kualitas beras yang bagus dan bermutu ya! Kualitas beras tentunya akan mempengaruhi rasa dan ketahanan ketupat yang kamu buat. Jangan lupa untuk mencuci beras ketupatmu dengan bersih, kemudian rendam selama 30 menit dan tiriskan.

2. Masak Sampai Benar-benar Matang

Memasak ketupat memang butuh waktu yang lama, bahkan bisa memakan waktu 4-5 jam. Untuk itu kamu harus ekstra sabar ya! Jangan dikurangi waktu memasaknya. Bisa-bisa ketupatmu jadi setengah matang dan cepat basi. Pastikan di masak sampai benar-benar matang.

3. Siram Air Dingin

Setelah ketupat matang sempurna, tiriskan dari air rebusan kemudian siramlah dengan air dingin. Hal ini guna membuat ketupat buatanmu bersih dari lendir-lendir hasil sisa air rebusan. Dengan demikian, ketupatmu bisa lebih tahan lama.

4. Pastikan Ketupat Kering

Jangan lupa untuk meniriskan ketupat yang sudah disiram ya. Pastikan kamu meniriskannya sampai benar-benar kering. Letakanlah ketupat ditempat terbuka agar sisa-sisa airnya bisa cepat hilang

5. Gantung Ketupat

Menggantung ketupat pada dasarnya juga membantu ketupat jadi lebih cepat kering. Cara ini juga untuk memastikan air ketupat yang ada didalam benar-benar hilang dan ketupat bisa jadi lebih awet dan nikmat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini