Nih 9 Topik yang Tidak Wajib Kita Omongin ke Keluarga, Termasuk soal Gaji

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak dipungkiri jika keluarga tak jarang terlibat dalam hidup kita, benar kan? Meskipun begitu, tidak selalu berarti kita harus mendiskusikan setiap topik dengan mereka.

Beberapa hal mungkin tampak cukup polos untuk dibicarakan, tetapi kenyataannya, hal itu mungkin berisiko melukai orang-orang yang dekat dengan Kamu dan bahkan dapat menyebabkan perselisihan. Itulah mengapa terkadang penting untuk tidak membagikan beberapa detail pribadi tentang diri Kamu.

Ada beberapa topik yang sebaiknya dihindari, tapi bukan berarti Kamu harus tertutup dari keluarga atau menghindari berbicara dengan mereka ya. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Rencana masa depan Kamu.

Memberi tahu keluarga Kamu tentang rencana pasti Kamu untuk masa depan seharusnya tidak merugikan, tetapi lebih baik hindari menyebutkan setiap detail. Bisa-bisa ini malah menjadi beban bagi diri kita sendiri atau pun mereka.

2. Masalah dalam hubungan Kamu.

Memberi tahu keluarga Kamu bahwa Kamu memiliki beberapa masalah kecil biasanya tidak menjadi masalah. Tetapi ketika Kamu mencoba masuk ke detail pada tingkat yang lebih dalam, mengungkapkan semua hal negatif yang Kamu pikirkan dan rasakan dapat menyebabkan beberapa masalah di kemudian hari.

Anggota keluarga Kamu tidak memiliki ikatan yang sama dengan pasangan Kamu seperti Kamu, jadi nanti, ketika Kamu memaafkan dan melupakan, mereka mungkin masih menyimpan dendam. Mereka mungkin juga mengkhawatirkan Kamu dan terus meragukan dan mencurigai pasangan Kamu.

3. Berapa banyak yang Kamu hasilkan dan keuangan Kamu.

Jika Kamu sendiri yang menghasilkan uang, sebutkan jumlah rata-rata per tahun mungkin merupakan ide yang bagus. Keluarga Kamu tidak perlu tahu tentang setiap rupiah yang Kamu hasilkan dan bagaimana perkembangannya.

Selain itu, jika ada masalah keuangan atau peningkatan, sebaiknya jangan memberikan terlalu banyak detail. Topik yang rumit seperti uang dapat membuat mereka khawatir dan menyebabkan mereka memberikan nasihat yang tidak perlu tentang cara mengelola berbagai hal, yang dapat menyebabkan perselisihan dan pertengkaran.

4. Rahasia tentang diri Kamu dan orang lain.

Bergosip mungkin tampak seperti aktivitas yang tidak berbahaya bagi banyak dari kita, terutama dengan anggota keluarga dekat kita. Tapi tidak peduli seberapa besar Kamu mempercayai mereka, selalu ada kemungkinan mereka akan memberikan beberapa informasi yang tidak perlu kepada orang lain. Ini dapat berdampak negatif pada Kamu dan mungkin merusak hubungan Kamu dengan teman-teman Kamu yang lain dan anggota keluarga yang jauh.

5. Rencana untuk memiliki anak.

Orang tua Kamu mungkin menginginkan cucu dan terus bertanya kapan Kamu ingin melahirkan. Tapi ingat, Kamulah yang pada akhirnya akan membuat pilihan pada saat yang tepat. Untuk menghindari kesalahpahaman atau bahkan argumen, terkadang lebih baik hindari topik ini atau setidaknya pastikan mereka tidak akan mendapatkan akses ke terlalu banyak informasi tentangnya.

6. Perasaan kesal di masa lalu.

Mengungkit hal-hal yang terjadi di masa lalu tidak selalu merupakan ide terbaik, apalagi jika kenangan tersebut dapat membuat Kamu mengingat kembali rasa sakit itu. Membicarakan topik ini lagi mungkin akan mencerahkan masalah kembali ke permukaan dan menyebabkan masalah.

Jika bisa, coba selesaikan dalam diri Kamu dan maafkan. Hanya jika masalah membawa diskusi yang sehat dan tidak agresif antara Kamu dan keluarga, Kamu harus mengungkitnya, dan hati-hati.

7. Kesalahan Kamu.

Beberapa kesalahan kecil dapat terungkap, tetapi jika menyangkut kegagalan besar, mungkin lebih baik merahasiakannya. Alasannya adalah karena ini mungkin membuat orang tua mengkhawatirkan Kamu, dan mereka ingin membantu memperbaiki situasi. Tetapi tidak semuanya dapat diselesaikan oleh mereka.

Pada kenyataannya, mereka tidak perlu melakukan ini untuk Kamu. Dalam kebanyakan kasus, Kamu dapat mencoba mengembangkan keadaan pikiran Kamu sendiri tanpa meminta bantuan mereka.

8. Keyakinan Kamu dan hal-hal yang Kamu sukai.

Agama, politik, dan pandangan tentang dunia ini merupakan topik sensitif ini terkadang harus dihindari, bahkan dengan anggota keluarga. Terkadang, ketika orang mendengar opini yang berlawanan, sulit bagi mereka untuk menahan diri dan mereka mungkin ingin memaksakan keyakinan mereka pada orang lain. Ini bisa menjadi pertengkaran besar dan bahkan bisa merusak hubungan Kamu dengan mereka.

9. Lokasi tepat Kamu, 24/7.

Saat Kamu masih kecil, wajar jika ibu Kamu terus-menerus melacak keberadaan Kamu. Saat Kamu menjadi dewasa, hal ini tidak perlu lagi. Jika orang tua Kamu terlalu protektif dan masih menuntutnya, Kamu perlu berbicara dengan mereka dan menjelaskan bahwa hal ini dapat menekan Kamu secara mental dan melanggar ruang pribadi Kamu.

Nah, itu dia beberapa topik yang mesti Kamu hindari untuk diungkapkan kepada keluarha. Topik apa tentang diri Kamu yang Kamu ungkapkan kepada keluarga Kamu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini