Ngiler Gak? 5 Kuliner Khas Betawi Ini Sudah Mulai Susah Dicari Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mendengar Kerak Telor pastinya yang langsung terlintas dipikiran kalian adalah Betawi. Yups, makanan ini cukup populer dan bisa dicari dengan mudah.

Ngomong-ngomong soal makanan khas Betawi, sayangnya, tak sedikit kuliner khas suku Betawi di Jakarta yang sudah jarang dijual dan hampir punah keberadaannya.

Tentu saja ini karena membludaknya kuliner asing maupun daerah yang berbondong-bondong datang ke ibukota demi meraup sekantong rezeki.

Berikut daftar kuliner Betawi yang hampir punah di Jakarta.

1. Kue Rangi

Lelehan gula merah yang manis ditambah gurihnya kue yang terbuat dari tepung beras, menambah kenikmatan kue rangi itu sendiri.

Selain rasanya yang gurih dan manis, ciri khas dari kue rangi adalah cara memasaknya, yaitu dengan dibakar menggunakan kayu bakar. Tapi sayangnya, di Jakarta kini sudah jarang sekali yang menjual kuliner yang satu ini.

Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang penasaran mencicipi kuliner ini, ada di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa.

View this post on Instagram

JAJANAN KHAS BETAWI! Siapa yang gak kenal sama jajanan tradisional yang satu ini? Yuk kenalan, ini namanya Kue Rangi! Terbuat dari campuran tepung kanji dan Parutan kelapa, dibakar dicetakan khusus pakai arang, terus kalo udh mateng diatasnya dikasih gula merah kental. Ini adalah salahsatu jajanan tradisional fav akuu! Rasanya manis, gurih, ada sensasi crunchynya gt. Aduh enak banget! Naah, berhubung makanan ini udah jarang banget ditemuin, nih aku mau berbagi info dimana bisa nemuin makanan inii! Kalian bisa nemuin Kue Rangi, dan banyak jenis jajanan tradisional khas Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jagakarsa (@kampungbetawi )! Yuk main main kesanaa! Sekalian mengenal budaya dan kuliner betawiii! Ini bukan sponsor, tapi menurut aku ini penting banget bagi kalian terutama warga Jakarta untuk tau ttg tempat inii! Karena banyak banget yang bisa kalian lihat disinii. Kalian bisa belajar bikin batik betawi, bikin kerak telor, dan jajan jajan asyik dengan pemandangan danau Setu Babakan! Hayoooo yang ngaku org Jakarta jangan lupa main main yaa! Kalo bukan kita yang melestarikan budaya kita, siapa lagi????————————————————————————— ?: Sentra Kuliner Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jl. Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ?: Rp 3.000,- ————————————————————————— #foodbuddiesforlife #kuerangi #makanankhasbetawi #setubabakankampungbetawi #jakartaeatery #jajanjakarta #visitjakarta #perkampunganbudayabetawi #eeeeeats #whattoeatinjkt #jktfoodies #f52grams #jktfoodbang #eatjakarta #dietmulaibesok #kelilingjakarta #jktculinary #indonesianfood #indonesianculinary #jktfooddestinations

A post shared by Hi, I’m Thyra! | JKT FOODIES (@foodbuddies.id) on

2. Bubur Ase

Bubur yang terkenal dengan resep turun menurun ini membuat citra rasa yang berbeda pada bubur biasanya.

Bubur ase berbeda dengan bubur yang biasa dijumpai sehari-hari karena bubur ini berisikan ikan teri, tetelan, toge, kentang, tahu, dan disiram dengan kuah semur ditambah asinan di atasnya. Rasa manis, asam, dan asin bercampur memadukan rasa yang unik dan lezat.

Makanan tradisional Betawi ini bisa kalian jumpai pada festival-festival kuliner di Jakarta atau bisa mengunjungi “Bubur Ase Bang Lopi” di Pasar Gandaria, Tanah Abang.

3. Laksa

Kuliner Betawi yang berisikan lontong yang dipotong-potong kecil, lalu ditambah mie, toge, dan disiram dengan kuah kuning yang kental. Bisa juga dimasukan pelengkap seperti, irisan daging, emping, dan telur.

Makanan yang dulunya sering dijajakan keliling, kini sudah mulai langka peredarannya.

Jangan sedih dulu, di Jl. Asirot, Kebon Jeruk ada tempat makan yang memang khusus menjual Laksa dengan nama “Laksa Betawi Ashirot”.

4. Kue Dongkal

Pernah liat tumpeng nasi? bentuk kue dongkal ini hampir mirip dengan makanan tersebut. Yang membedakan hanyalah warna dan isinya.

Kalo tumpeng nasi berisikan lauk pauk dengan bahan utama nasi, sedangkan kue dongkal berisikan gula merah dengan bahan utama tepung beras.

Makan kue dongkal emang paling enak dimakan pas masih anget-anget. Kalian bisa mampir ke daerah Kelapa Dua, Tangerang untuk mencicipi makanan yang satu ini.

5. Kembang Goyang

Kuliner yang satu ini terbuat daru tepung beras. Rasanya yang gurih dan manis, menggoda hasrat ingin terus mencoba lagi dan lagi. Dinamakan kembang goyang karena pas dimasak cetakannya digoyang-goyangkan di atas minyak panas.

Sekarang sudah jarang sekali pedagang keliling yang jual kue kembang goyang. Bagi yang mau beli, kalian bisa order lewat media online. Tinggal klik. Langsung sampe ke rumah.

(Anita Rahim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini