Negara Pengonsumsi Mi Instan Terbanyak di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mi instan merupakan salah satu makanan yang paling sering di konsumsi oleh banyak orang di dunia. Selain praktis, mi instan juga menyajikan begitu banyak varian rasa yang berbeda-beda juga nikmat tentunya.

Bagi sebagian orang, mi instan merupakan alternatif paling mudah untuk membuat perut kenyang. Selain harganya terjangkau, mi instan ini juga enak dan memberikan kenikmatan tersendiri bagi penggemarnya.

Karena kenikmatan dan harga yang terjangkau inilah membuat mi instan menjadi salah satu makanan yang paling banyak di konsumsi di dunia. Berikut urutan negara paling banyak menkonsumsi mi instan menurut Mata Indonesia:

1. Cina

Seperti dilansir dari World Instant Noodle Asosiation (WINA), Cina adalah negara dengan jumlah konsumsi mi instan terbesar di dunia. Tahun 2019, tercatat ada 41,45 miliar mie instan yang dikonsumsi oleh masyarakat di sana. Jumlah itu naik 1,25 miliar dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan dari BBC News, yang membuat masyarakat Cina banyak mengkonsumsi mi instan adalah karena harga mi instan yang terjangkau dan juga dengan kemudahan dalam memasak.

Seperti namanya, mi instan tentu juga sangat mudah untuk dinikmati. Biasanya warga cina biasanya memakan mi instan tersebut di kereta, di sekolah ataupun di kantor.

2. Indonesia

Negara yang kita cintai ini juga masuk dalam daftar negara pengkonsumsi mi terbanyak. Pada 2019 lalu, tercatat ada 12,52 miliar mi instan yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Dilansir dari sumber, saking banyaknya konsumen mi instan di Indonesia, seseorang bahkan pernah menjadikannya sebagai sebuah topik tesis di Belanda. Dalam tesis yang berjudul Instant Noodle Boom in Indonesia : A Commodity Chain Analysis Study oleh Sri Dewi itu disebutkan, bahwa terjadi ledakan konsumen mi instan selama beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Hal yang menjadikan alasan bahwa mi instan banyak di konsumsi karna harganya yang terjangkau, memasaknya mudah dan rasanya yang khas. Membuat warga indonesia sering mengkonsumsi mi instan tersebut.

3. India

India menampati posisi ketiga. Di negara ini, jumlah penikmat mi selalu naik setiap tahun nya.

Pada tahun 2019, India tercatat mengonsumsi sekitar 6,73 miliar mi instan, atau naik 0,67 miliar dari tahun sebelumnya yang berada pada angka 6,06 miliar. Penikmat mi instan di negara ini di perkirakan akan semakin meningkat. Sebab, negara yang terkenal dengan Bollywood-nya ini sedang mengembangkan mi sehat.

Menurut situs Just-Food, penduduk perkotaan di India semakin peduli dengan kesehatan. Mereka khawatir dengan penggunaan maida, tepung gandum bebas dedak, sebagai bahan mi instan. Mereka menganggap bahan tersebut tidak sehat.

Sebagai respons atas hal itu, Nestle memperkenalkan mi Atta dan mi multi-grain sebagai pilihan bagi masyarakat. Ada juga mi ‘Knorr’ Soupy dari Hindustan Unilever yang bisa menjadi pilihan masyarakat india juga.

4. Jepang

Negara yang di kenal sebagai tempat kelahiran mi menduduki posisi ke empat. Namun, Jepang masih kalah dari negara lainnya.

Di Jepang pada 2019 lalu, tercatat ada 5,63 miliar mie instan yang dikonsumsi, atau turun 0,15 miliar dari tahun sebelumnya. Meski dikenal sebagai tempat lahirnya mi instan, namun jumlah penikmat mi instan di Jepang masih kalah dari negara lainnya.

Menurunnya konsumen mi di Jepang di karenakan masyarakatnya lebih menyukai mi ramen buatan restoran atau pedagang kaki lima. Ketimbang membuat mi instan sendiri yang ada di minimarket atau sejenisnya.

5. Vietnam

Negara tetangga Indonesia ini merupakan salah satu negara yang paling banyak menkonsumsi mi instan di dunia. Para penikmat mi di Vietnam selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2019, ada 5,43 miliar mi instan yang di konsumsi di negara ini, jumlah tersebut terus naik dari tahun 2015.

Berdasarkan informasi dari Vietnam Investment Review, konsumsi mi instan yang tinggi di negara Vietnam ini didukung oleh 50 perusahaan yang menjadi produsen. 70 persen dari produk yang dibeli oleh konsumen adalah merek Acecook, Masan Consumer, dan Asia Foods.

6. Amerika Serikat

Tidak mau kalah dengan negara lainnya, Amerika Serikat menduduki peringkat ke enam negara pengkonsumsi mi instan terbanyak di dunia. Di Amerika, ada 4,63 miliar mie instan yang dikonsumsi pada tahun 2019. Di negara ini, jumlah konsumsi mie instan terus naik dari tahun ke tahun meski tidak signifikan.

Menurut data dari Jurnal Nutrition Research and Practice, konsumsi rata-rata warga AS untuk mi instan adalah sebesar 304,1 gram setiap harinya. Kurang lebih sekitar 334,3 gram untuk laki-laki dan 268 gram untuk perempuan. Kelompok usia terbanyak yang mengonsumsi produk tersebut adalah usia 9-18 tahun.

Alasan mi instan dikonsumsi oleh banyak masyarakat di Negeri Paman Sam tersebut karena harga yang terjangkau. Maka, konsumen mi instan di AS paling banyak oleh kelompok masyarakat dengan pendapatan menengah.

Itu tadi urutan negara pengkonsumsi mi instan terbanyak di dunia menurut versi Mata Indonesia. Semoga bermanfaat!

Reporter: Anggitasari Prasetyani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini