tidur nyenyak dengan 5 makanan ini
Foto: Istimewa

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidur merupakan hal penting dalam kehidupan, sesorang yang kurang tidur akan merasa kelelahan, produktifitas menurun, stres hingga berujung pada depresi. Kita menggunakan tidur dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setelah seharian bekerja.

Agama Islam pun sudah mengatur waktu tidur umatnya. Namun ternyata tidur dalam agama Islam juga ada waktu yang dilarang, berikut penjelasanya menurut channel YouTube Islam Populer.

1. Tidur setelah solat subuh

Tidur dipagi hari dapat membahayakan kesehatan tubuh. dr. Kevin Adrian Djantin menjelaskan bahwa adanya bahaya kesehatan karena tidur dipagi hari seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, pembulu darah, mudah lupa, sulit berkonsentrasi, dan mood mudah berubah. Selain tidak sehat, Nabi tidak mengajurkan kita tidur di pagi hari atau setelah melaksanankan solat subuh.

2. Tidur setelah solat ashar menjelang maghrib

Bukan mitos, solat setelah asar menjelang magrib memang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Seseorang yang tidur di waktu ini akan merasa linglung, pusing, hinga badan terasa sakit. Hal tersebut terjadi karena perubahan ritme sirkadian tubuh berpengaruh besar pada jalannya berbagai fungsi dan organ tubuh secara otomatis.

3. Tidur sebelum solat isya

Tidur sebelum solat isya hingga terbitnya fajar tidak dianjurkan karena rentan tidur yang terlalu lama. Peneliti Stephanie Rek mengemukakan, bahwa tidur yang lebih dari 9 jam bisa berakibat mimpi buruk.

Mimpi buruk terjadi karena dalam rentan waktu tersebut mata akan bergerak cepat, dengan begitu mimpi buruk memungkinkan bisa terjadi. Seorang muslim dianjurkan tidur paling cepat pada pulul 8 malam atau setelah melaksanakan solat isya.

Lalu, bangun untuk melaksanakan solat subuh sekitar pukul 04.30 pagi. Artinya tidur yang dijalani yaitu 8 jam 30 menit hal ini sesuai dengan anjuran kesehatan tidur 8 jam sehari.

4. Tidur setelah selesai makan

Tidur setelah makan juga tidak dianjurkan karena pencernaan tidak berjalan maksimal. Hal ini dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh seperti serangan stuk karena kerasnya kerja sistem pencernaan. Hal ini juga berdampak pada meningkatnya tekanan darah, kadar gula darah dan kolestrol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke.

5. Tidur sepanjang hari

Tidur sepanjang hari tidak dianjurkan kecuali dengan kondisi sakit, banyak tidur dapat mematikan hati, menimbulkan kemalasan dan gangguan kesehatan tubuh. Terlalu banhak tidur juga tidak dianjurkan dalam islam karena makruh, sebab nabi hanya mengajurkan kita tidur siang hanya sejenak saja.

Reporter: Nining Melani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here