Musim Hujan Datang, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Perkuat Sistem Imun Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Awal tahun 2020 musim hujan mulai melanda sebagian wilayah Indonesia. Nah, biasanya bibit penyakit mulai menyerang tubuh, seperti demam, flu dan batuk.

Untuk itu diperlukan asupan makanan bergizi yang banyak nutrisi baik bagi kesehatan agar memperkuat sistem imun tubuh.

Karenanya Anda perlu menjaga pola makan dan tetap mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan yang ternyata dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap prima dalam menjalankan beragam aktivitas.

Berikut 5 makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Buah Citrus

Buah citrus memiliki beragam jenis yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan. Ragam jenis buah citrus diantaranya jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan buah clementine. Buah citrus ini memiliki cita rasa asam dan menyegarkan.

Kaya akan vitamin C, buah citrus dapat meningkatkan sel darah putih pada tubuh Anda. Sel darah putih yang tinggi ini dapat mengurangi virus yang menyebabkan flu. Karenanya jenis jeruk-jerukan ini diandalkan untuk menambah daya tahan tubuh. Buah citrus juga banyak ditemukan saat musim hujan seperti saat ini.

  1. Paprika

Paprika adalah salah satu bahan makanan yang dapat Anda konsumsi saat musim hujan agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Paprika ini tinggi kandungan vitamin C. Ada juga Beta Karoten yang dapat menjadi kombinasi sempurna untuk melawan virus penyebab penyakit flu.

Selain baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kandungan Beta Karoten ini juga sangat berguna untuk kesehatan kulit dan mata Anda. Dengan mengonsumsi paprika secara rutin dapat menjauhkan Anda dari penyakit flu yang sering terjadi selama musim hujan tiba.

  1. Bawang Putih

Bawang putih selama ini dikenal sebagai bumbu dapur dengan aroma dan rasa khas yang bisa melezatkan masakan. Selain menjadi bumbu dapur, ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang membantu melawan virus penyebab flu saat musim hujan.

Bawang putih merupakan jenis tanaman yang masuk ke dalam genus allium atau genus bawang. Bawang putih banyak dipakai sebagai bahan pengobatan tradisional di seluruh dunia. Bawang putih kaya akan vitamin C, vitamin B6, tiamin, kalium, kalsium, fosfor, mangan, dan sulfur.

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang berbuah di dalam tanah. Jahe sangat populer dijadikan sebagai rempah-rempah dan bahan obat yang banyak berguna bagi kesehatan tubuh. Jahe juga memberi efek menghangatkan tubuh. Paling nikmat mengonsumsinya saat cuaca dingin atau musim hujan seperti ini.

Jahe yang dapat menghangatkan tubuh ini memiliki cita rasa pedas yang dominan karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Kandungan Gingerol dan shaogal pada akar jahe dapt membantu membunuh rhinovirus yang sebabkan flu.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Nutrisi baik ini diantaranya kandungan vitamin C, Beta Karoten, serta zat antioksidan yang sangat tinggi. Sayuran hijau ini memiliki kemampuan melawan infeksi tubuh yang tinggi, sehingga bayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat Anda tidak mudah sakit saat musim hujan.

Bayam juga mengandung serat tinggi, jadi dapat menyehatkan pencernaan Anda. Selain itu bayam mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitammin K. Kandungan lain dari bayam ini adalah mineral, diantaranya ada magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini