Murah Meriah, Ini Bahan Alami yang Ampuh Usir Nyamuk

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nyamuk memang hewan yang sangat menganggu dan menyebalkan. Terlebih saat waktu malam sehingga bisa menganggu kualitas tidur kita.

Gak cuma menganggu, nyamuk juga kerap membawa penyakit-penyakit yang berbahaya bagi manusia. Untuk itu, hadirlah berbagai jenis obat nyamuk untuk mengusir hewan kecil ini dari kediaman kita.

Akan tetapi, terkadang obat nyamuk membuat salurah pernapasan jadi gak nyaman. Umumnya orang menggunakan obat nyamuk semprot yang terbuat dari bahan kimia. Namun, dampaknya bisa tak baik untuk kesehatanmu loh.

Jangan pusing gaes. Gak semua obat nyamuk bikin kamu sesak nafas. Ada beberapa jenis bahan alami yang dikenal ampuh mengusir nyamuk. Apa saja ya bahannya? Yuk simak!

  1. Serai
Freshly cut lemon grass on banana leaf (pixabay)

Daun serai biasanya digunakan oleh ‘emak-emak’ sebagai bahan masakan. Namun, bahan alami ini bisa juga loh untuk menangkal nyamuk-nyamuk nakal.

Dikutip dari 99.co, wangi dari serai sangat tidak disukai nyamuk. Serai pada dasarnya mengandung minyak citronella yang ampuh mengusir nyamuk. Namun sebaliknya, bagi manusia wangi serai bisa memberikan ketenangan jika terhirup.

Kamu bisa menggunakan ekstrak dari serai dengan mencampurnya dengan 100 milliliter air. Setelah dicampurkan, cairan tersebut bisa kamu semprotkan keseluruh ruangan untuk membasmi nyamuk di rumahmu.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk (pixabay)

Dikutip dari CNN, kulit jeruk mengandung limonen yang merupakan senyawa yang diproduksi oleh beragam tanaman yang bisa menimbulkan aroma kuat yang berguna untuk menjauhkan tanaman dari pemangsa.

Nah, zat limonen yang terkandung di kulit jeruk tersebut nyatanya bisa digunakan juga sebagai obat pengusir nyamuk alami. Caranya pun beragam, pertama bisa langsung digosokkan pada kulit atau bisa merebus kulit jeruk tersebut lalu saring dan biarkan dinging. Nah, air rebusan itu bisa kamu semprotkan ke ruangan di rumahmu.

3. Cengkeh

Tanaman Cengkeh (pixabay)

Wangi cengkeh juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami loh. Baunya yang tidak disukai nyamuk bisa membuat nyamuk jauh-jauh dari rumahmu. Caranya kamu bisa membuat cengkeh menjadi minyak.

Kemudian, minyak tersebut bisa dilarutkan dengan alkohol ataupun minyak zaitun. Setelah tercampur, kamu bisa menggosokannya ke badanmu untuk mencegah gigitan nyamuk. Atau bisa juga dicampurkan dengan air putih untuk dijadikan obat nyamuk semprot.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih (pixabay)

Dikutip dari Helathline, minyak kayu memang sudah dikenal lama bisa mengusir nyamuk. Sebuah penelitian di Amerika pun mengakui efektivitas minyak kayu putih dalam menghalau nyamuk.

Caranya dimulai dengan daun kayu putih yang diremas atau ditumbuk lalu dibalurkan langsung ke kulitmu. Bisa juga menyampurkan minyak kayu putih dengan segelas air untuk dijadikan obat semprot pengusir nyamuk.

5. Minyak Lavender

Lavender (pixabay)

Selain memiliki bau yang enak dan menenangkan, minyak lavender juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk-nyamuk yang membandel di rumahmu. Selain alami, minyak lavender juga mudah ditemukan di pasaran.

Caranya, kamu bisa melarutkan minyak lavender dengan air putih dan sedikit ragi. Larutan tersebut bisa kamu letakkan di ruangan-ruangan. Selain membuat ruangan jadi wangi semerbak, nyamuk-nyamuk pun jadi enggan mampir ke rumahmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini