Mumpung di Rumah Saja, Puasa Sunah Syaban Yuk

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Alhamdullilah awal Sya’ban tahun 2020 ini bertepatan dengan hari Kamis (26 Maret 2020).

Hari Kamis adalah hari yang disunahkan untuk berpuasa. Karena bertepatan dengan awal bulan Syaban dan kebetulan saat ini sedang berada di rumah, apa tidak sebaiknya umat Muslim berpuasa.

Puasa di bulan Sya’ban termasuk puasa sunnah yang dianjurkan, karena termasuk bulan asyhurul hurum. Banyak keutamaan berpuasa di bulan asyhurul hurum. Sedangkan puasa Senin-Kamis juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam at-Tirmidzi dijelaskan bahwa Nabi SAW sangat senang ketika amalnya diperlihatkan dalam keadaan beliau sedang berpuasa.

Amal-amal diperlihatkan kepada Allah SWT pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka amalku diperlihatkan sedangkan aku dalam keadaan puasa. (HR. At-Tirmidzi)

Nah, pada saat mau berpuasa bolehkah kita menggabung niat kita agar mendapatkan pahala dua puasa, yaitu puasa Kamis dan puasa Sya’ban?

Mengutip Islami.co, Syekh Yasin bin Isa al-Fadani, salah satu ulama dalam kitabnya, al-Fawaid al-Janiyah menjelaskan bahwa ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan dengan bersamaan dengan menggabungkan niatnya.

Syekh Yasin al-Fadani membagi hal ini menjadi empat bagian.

Pertama, menggabungkan amalan yang berupa ibadah dalam satu kali niat, seperti meniatkan bacaan Al-Quran dalam shalat dan hanya membaca Al-Quran saja misalnya membaca 1 juzz dalam satu rakaat. Hal ini diperbolehkan dan tidak membatalkan shalat.

Kedua, menggabungkan amalan ibadah yang fardhu dengan ibadah yang sunnah.

Ketiga, menggabungkan dua ibadah fardhu, seperti menggabung niat wudhu dengan mandi jinabat.

Keempat, menggabungkan niat ibadah sunnah dengan ibadah sunnah yang lain. Syekh Yasin mencontohkan menggabungkan mandi shalat Idul Fitri dengan mandi shalat Jumat.

Lalu, manakah di antara empat kategori yang diberikan Syekh Yasin di atas yang sesuai dengan penggabungan puasa Senin Kamis dengan puasa Sya’ban? jawabannya adalah kategori keempat.

Puasa awal Syaban dan puasa Kamis termasuk ibadah sunnah. Bagi yang ingin mendapatkan dua pahala puasa sunnah ini dalam satu kali puasa, maka cukup niatkan dua puasa tersebut bersamaan dalam hati, misalnya,

“Saya niat puasa hari kamis dan puasa Sya’ban sunnah karena Allah Ta’la.“

Nawaitu Shouma Yaumal khamis (yaumil isnain) wa syahri Sya’bana Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa

Semoga amal ibadah puasa sunnah kita, baik puasa sunnah Senin Kamis dan puasa sunnah Sya’ban diterima oleh Allah SWT. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini