Mujarab! Nih 8 Khasiat Jintan Hitam, Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria hingga Cegah Kanker

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bagi sebagian orang, mungkin sudah tak asing lagi dengan tanaman herbal jintan hitam. Namun, tahukan kalian jika tumbuhan herbal satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Jintan hitam, adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Tak heran, tanaman ini digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Bahkan, beberapa penelitian mengungkap fakta menarik mengenai khasiat dari tanaman yang dikneal sebagai habatussauda ini.

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan pertama kali diteliti oleh seorang ilmuwan Persia bernama Ibnu Sina. Dalam tulisannya, ia menjelaskan manfaat dari jintan hitam yang ternyata dapat mengobati sesak nafas, baik dari gejala asma, atau penyebab masalah pernafasan lainnya.

Tidak hanya itu, manfaat lain dari nigella sativa ini adalah dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas pria. Dengan banyaknya khasiat yang dimiliki, yuk simak 8 manfaat lainnya yang bisa didapat dari si obat herbal ajaib ini!

1. Sebagai anti-bakteri

Manfaat pertama adalah, dapat melawan beberapa jenis bakteri pathogen manusia, yang antara lain adalah staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan masalah jerawat, bisul. pneumonia, arthritis, hingga meningitis, lho! Selain itu, jintan hitan juga dapat melawan bakteri heliobacter pylori, yang menyebabkan radang lambung dan maag.

2. Menurunkan kolesterol

Banyak yang meyakini, bahwa tanaman hitam ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Menurut Health Line, terdapat satu review dari 17 penelitian yang menyimpukan bahwa jintan hitam secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah.

3. Mengandung antioksidan

Beberapa senyawa antioksidan dalam jintan hitam, membuatnya dipercaya sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Beberapa senyawanya antara lain alkaloid, saponin, karvakrol, dan timokuinon.

Antioksidan sendiri diperlukan agar tubuh kebal terhadap paparan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kerusakan sel.

4. Asma

Menurut sebuah penelitian, pengobatan asma yang dibarengi dengan mengonsumsi habatussauda dapat mengurangi frekuensi batuk dan mengi (suara bernada tinggi dalam bernapas). Jintan hitam juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

5. Membantu mengontrol gula darah

Tanaman ini juga menguntungkan bagi penderita diabetes, karena ekstrak dari tumbuhan ini dapat menurunkan gula darah rata-rata dan resistensi insulin.

6. Mencegah kanker

Adanya antioksidan yang tinggi, membuat jintan hitam juga dipercaya mampu mencegah kanker. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya efek penggunaan jintan hitam terhadap sel tumor dan kanker, seperti kanker payudara, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker prostat, kanker kulit, dan kanker usus besar.

Namun penelitian ini masih sebatas penelitian pada hewan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kecocokan pada manusia.

7. Sebagai anti-peradangan

Penelitian mengatakan bahwa kandungan bahan aktif dalam jintan hitam memiliki khasiat sebagai anti-peradangan. Dikutip dari Health Line, terdapat satu dari penelitian yang dilakukan pada 42 orang dengan rheumatoid arthritis atau rematik. Penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan radang setelah penggunaan 1.000 mg minyak jintan hitam selama delapan minggu.

8. Menjaga fungsi hati

Terakhir, jintan hitam juga dapat menjaga hati supaya tidak mengalami kerusakkan yang menyebabkan komplikasi dan kerusakkan pada organ lainnya. Hasil penelitian mengungkap bahwa ekstrak jintan hitam mujarab dalam mengurangi toksisitas bahan kimia pada hati yang telah disuntik bahan beracun.

Nah, itu dia beberapa khasiat dari tanaman herbal ajaib tersebut. Ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar manfaat yang didapat bisa maksimal dan terhindar dari efek samping yang ditimbulkan. Jika dibarengi dengan pola hidup yang sehat, maka tubuh juga akan tercegah dari beberapa penyakit. Semoga bermanfaat! (Dinda)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini