Ilustrasi tidur (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah beraktivitas seharian tentu tubuh akan terasa lelah, letih, dan lesu. Saat hal ini terjadi, hal pertama yang diinginkan adalah beristirahat dengan nyaman. Dengan beristirahat nyaman tersebut, tubuh akan terasa pulih dan segar seperti sedia kala.

Tapi sayangnya, terkadang ada banyak faktor yang mengganggu kenyamanan saat sedang beristirahat. Hal ini tentu saja akan mengganggu kualitas tidur juga.

Maka dari itu, agar tidurmu terasa lebih nyenyak dan nyaman, ada beberapa tips mudah yang dapat kamu lakukan. Dijamin setelah ini tidurmu akan lebih berkualitis! Berikut ini beberapa tips sederhana dan mudah yang dapat kamu lakukan:

1. Mandi dengan Air Hangat

Setelah seharian beraktivitas dan tubuh terasa begitu letih, hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan tidur yang nyaman adalah dengan bersih-bersih atau mandi. Agar tubuh menjadi kembali lebih rileks dan rasa letih sedikit berkurang, kamu dapat melakukan pembersihan atau mandi dengan air hangat. Air hangat dapat membantu tubuhmu menjadi lebih rileks.

2. Selalu Tidur dan Bangun Dijam yang Sama

Untuk menciptakan tidur yang berkualitas, kamu dapat memulai dengan membuat jadwal tidur harian. Buatlah jadwal jam berapa kamu harus tidur dan jam berapa kamu harus bangun. Jika dilakukan secara rutin, hal ini dapat menjadi sebuah kebiasaan yang dapat menciptakan tidur berkualitas.

3. Tidak Langsung Tidur Usai Makan

Usai makan memang terkadang rasa kantuk akan menyerang, namun usahakan untuk tidak tidur setelah makan. Pasalnya, tidur setelah makan dapat mengganggu metabolisme tubuhmu.

Akan ada banyak bahaya yang menyerang jika hal ini sering kali dilakukan. Maka dari itu, makanlah diwaktu 2 – 3 jam sebelum jadwal tidur.

4. Meminum Susu Hangat Jika Menyukainya

Untukmu yang memiliki stress berlebihan dan mengganggu kualitas tidurmu, dapat meminum segelas susu hangat sebelum tidur. Segelas susu hangat ini akan dapat membantumu mendapatkan tidur berkualitas karena terdangap kandungan tryptophan dan peptide bioaktif yang dapat membantu tidurmu menjadi lebih nyenyak.

5. Pastikan Tempat Tidur Sudah Nyaman untuk Ditempati

Sebelum memutuskan untuk tidur, pastikan tempat tidurmu memang terasa nyaman untuk ditempati. Kamu dapat memastikan apakah sudah bersih atau belum, apakah ada yang kurang yang dapat mengganggu kenyamananmu atau tidak, dan sebagainya.

Dengan memastikan tempat tidur siap untuk ditempati, nantinya kamu dapat langsung beristirahat dengan nyaman dan tidak terganggu berbagai hal lainnya.

6. Mematikan Lampu

Sebagian orang memang tidak menyukai tidur dalam keadaan gelap total, namun sebagian orang lagi justru melakukan hal ini setiap hari. Untukmu yang merasa kesulitan tidur dengan nyaman dan nyenyak, dapat mencoba cara mematikan lampu atau cahaya lainnya sebelum tidur. Pasalnya, tidur dengan dipenuhi cahaya terang justru dapat membuatmu kembali terjaga dan sulit mendapatkan rasa kantuk.

7. Jauhkan Tubuh dari Jangkauan Smartphone

Smarthphone menjadi salah satu hal yang sering kali mengganggu waktu tidur. Saat sudah terlalu asik bermain smartphone terkadang kita sampai tidak tau waktu. Maka dari itu, untuk menghindari gangguan dan rasa ketagihanmu bermain smartphone, jauhkan atau berilah jarak antara tempat tidur dengan smartphone.

8. Rutin Berolahraga

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan agar waktu beristirahatmu setiap hari terasa lebih nyaman dan nyenyak adalah dengan rutin berolaharaga. Kamu dapat rutin berolahraga minimal 2 – 3 kali dalam seminggu. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan lebih sehat dan kualitas tidur dapat lebih terjaga.

Itu dia beberapa tips sederhana dan mudah yang dapat kamu lakukan agar menciptakan tidur berkualitas dan nyaman. Selain dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat, memiliki kualitas tidur yang baik pun dapat meningkatkan mood agar selalu bahagia. Kamu dapat mulai melakukan tips di atas sesegera mungkin!

Penulis: Rini Apriliani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here