Motorola, Inspirasi Model Hp Flip

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Semakin hari perusahaan penghasil ponsel tidak henti-hentinya untuk menciptakan berbagai model ponsel dengan spesifikasi yang beraneka ragam sesuai kebutuhan bagi penggunanya. Model lipat atau flip menjadi model yang disukai bagi kalangan anak muda maupun orang tua saat ini.

Adanya model ponsel lipat bukan berawal dari Samsung. Jauh sebelum beredarnya model ponsel lipat yang canggih keluaran dari Samsung, justru Motorola sudah lebih dulu punya model ponsel bergaya flip atau lipat ini. Motorola model lipat dipakai pula selebriti hingga tampil di berbagai scene film layat masa depan industry seluler yang kini mudah diterima.

Produk ponsel dengan nama Motorola tentu sudah tidak asing dikalangan telepon zaman dulu (jadul). Motorola merupakan sebuah perusahaan dalam bidang teknologi yang menghasilkan produk-produk telekomunikasi. Berdiri pada 25 September 1928 di Schaumburg, Illinois, Amerika Serikat.

Bidang usaha awalnya bukan dalam bidang telekomunikasi, melainkan pembuatan battery eliminator atau dikenal dengan nama adaptor. Usaha Motorola pertama kali ini adalah usaha dari alat yang dapat mengubah arus menjadi sumber daya bagi berbagai alat elektronik.

Namun, produksi yang dilakukan itu hanya berjalan dalam waktu pendek. Kemajuan teknologi baterai pada saat itu membuat adaptor kurang bahkan tidak terlalu dibutuhkan lagi. Maka dari itu, Motorola punya inovasi untuk meluncurkan produk-produk telekomunikasi.

Motorola StarTAC merupakan yang pertama kali pernah clamsell (flip) ponsel. Ponsel model lipat yang rilis pada 3 Januari 1996 ini hadir dengan penampilan yang sangat ciamik. StarTAC penerus dari MicroTAC, dengan desain semi-kulit terang yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1989. Flip MicroTAC dilipat dari bawah keypad sedangkan StarTAC dilipat dari atas layar.

StarTAC menjadi salah satu ponsel pertama yang diadopsi secara luas oleh konsumen; sekitar 60 juta StarTAC telah terjual pada masanya. Merek StartTAC dihidupkan kembali di tahun 2004 dan 2007 untuk serangkaian telepon lipat yang ekslusif untuk beberapa pasar Asia untuk model telepon nirkabel (tanpa kabel).

Dengan tampilan gaya keren serta layar yang berukuran sekitar 1,75 inch, Motorola StarTAC tersedia pula warna pelangi atau edisi Rainbow yang menggemashkan. Warna merah, kuning, hijau, biru terlihat pada tampilan model ini. Motorola StarTAC termasuk generasi awal ponsel lipat, serta sangat berperan penting dalam sejarah ponsel lipat.

Harga pertama kali rilisnya StartTAC ini mencapai harga USD 1.000 (tahun 1996), kira-kira setara dengan USD 1.682 USD atau sekitar Rp 25 Jutaan saat ini. Walaupun saat ini StarTAC edisi Raibow tidak lagi dikeluarkan oleh Motorola, di aplikasi penjualan online masih tersedia yang menjualnya bagi yang tertarik untuk mengoleksinya.

Baru-baru ini, Motorola merilis ponsel tren jadul yang menjadi tren kembali masa kini, yaitu Moto Razr. Moto Razr adalah generasi penerus dari StarTAC. Motorola Razr 5G menjadi produk yang terbaru dengan model lipat. Dirilis pada 8 September 2020.

Motorola Razr 5G dibekali dengan spesifikasi yang cukup canggih menyesuaikan perkembangan saat ini. Sama seperti namanya, ponsel ini dilengkapi chip Snapdragon 765G sehingga mendukung jaringan 5G, dengan RAM 8GB dan media penyimpanan 256 GB yang mengalami peningkatan dari Razr generasi pertama (6 GB/128 GB).

Dikutip dari The Verge, Motorola Razr 5G juga mampu menjalankan fitur keren sistem operasi Android 10. Ponsel lipat ini dibanderol dengan harga 1.399 dollar AS atau Rp 20,8 Juta.yang dipasarkan di AS, Cina, dan sejumlah negara lainnya.

Tertarik membelinya?

Reporter : Irania Zulia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini