Moms, 4 Teknik Mudah Ini Buat Bayi Tertidur dalam Hitungan Detik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian orangtua, mungkin masih kesulitan beradaptasi dengan rutinitas bayi yang sebagian besa diisi dengan menyusu dan tidur. Oleh karena itu, orangtua harus pintar menerapkan metode agar pola tidur bayi menjadi lebih teratur.

Masalahnya, beberapa anak dapat dengan mudah dan cepat beradaptasi dengan jadwal tidur yang rutin. Namun sebagian anak lainnya lebih sulit untuk memiliki jadwal tidur yang rutin, atau untuk kembali tertidur setelah ia terbangun di malam hari.

Dilansir dari BrightSide, berikut 4 teknik sederhana yang dipamerkan oleh seorang ahli berbakat untuk membantu bayi Kamu tertidur dengan cepat dan nyenyak:

1. Cobalah membuat bayi fokus pada satu hal.

Teknik pertama ini sangat mudah dan menghasilkan keajaiban. Secara alamiah, bayi sangat ingin tahu dan matanya bergerak ke mana-mana karena ingin melihat lingkungan dan sekitarnya. Jadi, jika Kamu bisa membuat mata bayi fokus pada satu hal tertentu, terutama jika benda itu berada di atas ketinggian horizontal matanya, maka matanya akan cepat lelah dan akhirnya akan menutupnya.

2. Tenangkan bayi dengan melingkarkan tangan Kamu di wajahnya.

Teknik kedua juga mudah dilakukan dan bekerja lebih baik jika bayi Kamu sudah agak mengantuk atau mengantuk. Kamu mulai dengan memberikan tangan Kamu, dengan lembut dan tanpa menyentuh, ke wajah bayi. Terus berputar-putar, bukan bolak-balik. Melakukannya secara progresif lebih lambat setiap kali juga merupakan ide yang bagus. Ulangi ini beberapa kali sampai mereka tertidur.

3. Goyangkan mereka dengan lembut hingga tertidur.

Teknik ketiga bekerja dengan memberikan rasa disorientasi, mirip dengan goyang buaian. Selagi bayi dalam pelukan Kamu, letakkan tangan Kamu di pantat bayi dan mulailah menggoyangkan dengan lembut. Ini juga akan menyebabkan sedikit goyangan di sekitar kepalanya, memberikan rasa disorientasi yang dapat membuat bayi Kamu tertidur lebih nyenyak.

4. Gabungkan semuanya untuk hasil terbaik.

Teknik terakhir ini mencakup semua trik sebelumnya dan lebih banyak lagi, seperti mengayun bayi, menggoyangkan, menggosok jari, elus-elus, dll. Kuncinya adalah mulai melakukan semuanya sedikit lebih cepat dan kemudian memperlambatnya seiring waktu hingga bayi tertidur lelap.

Apakah Kamu akan mencoba trik ini dengan si kecil? Atau, Kamu sudah menerapkan teknik serupa? Bagaimana hasilnya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Ciptakan Generasi Muda Aceh yang Unggul dan Berdaya Saing

Adanya program Aneuk Muda Aceh Unggul dan hebat (AMANAH) penting untuk meningkatkan kompetensi dan kepemimpinan anak muda Aceh. Program...
- Advertisement -

Baca berita yang ini