Mitos Atau Fakta, Main Hujan Bisa Menyebabkan Flu?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang percaya bahwa air hujan dapat membuat sakit, mulai dari terkena flu, masuk angin, dan diare. Bahkan ada juga yang menyatakan jika air hujan yang turun untuk pertama kali setelah kemarau panjang dianggap mengandung sejumlah penyakit.

Pandangan ini sangat wajar karena ternyata tidak sedikit orang yang jatuh sakit setelah kehujanan. Tapi apa benar itu disebabkan oleh air hujan?

Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh kita sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis.

Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu. Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam, seperti influenza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal.

Jadi, jawaban nya adalah mitos karena sebenarnya terkena air hujan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan bila daya tahan tubuh kita dalam kondisi yang cukup baik.

Kenapa kita sering sakit setelah bermain hujan-hujanan

Biasanya virus flu cenderung berkembang biak lebih aktif saat musim dingin atau hujan di dalam ruangan yang dipenuhi banyak orang. Karena, pada masa tersebut orang cenderung saling berdekatan dalam jarak dekat satu sama lain sehingga virus dapat menular dengan cepat.

Ketika ada satu atau beberapa teman Anda yang sedang terkena flu kemudian bersin dan Anda tanpa disadari menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh orang yang sedang mengalami flu kemungkinan besar Anda akan ikut terinfeksi.

Reporter : Firda Padila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini