Minum Kopi Bisa Bikin Panjang Umur, Benarkah?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Siapa yang tidak suka kopi, minuman berwarna hitam ini memang selalu jadi primadona dimanapun berada. Nah, bagi pecinta kopi ada kabar gembira.  

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang minum dua sampai tiga cangkir sehari berkafein atau tidak kemungkinan berpeluang lebih rendah untuk meninggal karena penyakit tertentu daripada yang berpantang kopi.

Hal itu berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti terhadap 500.000 lebih orang di sepuluh negara Eropa selama 16 tahun. Hasilnya menunjukkan, dibanding orang yang tak minum kopi, peminum kopi memiliki hati dan sistem peredaran darah yang lebih sehat. Tingkat peradangan mereka juga lebih rendah.

Marc Gunter, studi sekaligus ahli epidemiologi mengatakan bahwa tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi, berkaitan dengan penurunan risiko kematian karena faktor apa pun. Termasuk penyakit peredaran darah dan gangguan pencernaan.

Langkah selanjutnya adalah menganalisis komposisi kimia kopi untuk memahami manfaat yang ada di dalam minuman tersebut. Gunter akan kembali melanjutkan penelitiannya untuk mendapatkan hasil penelitian yang sempurna.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini