Milenial Wajib Tahu, Begini Sejarah Hari Radio Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Radio menjadi salah satu media massa yang masih bertahan di era digital. Eksistensinya masih terjaga, meski tidak se-populer zamannya.

Meski begitu, radio selalu menjadi bagian dari kehidupan. Untuk itu, selalu diperingati Hari Radio Nasional pada 11 September 2021.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Radio Nasional?

Dalam acara I-Tems di Mata Milenial Indonesia TV, membahas tentang sejarah dari Hari Radio Nasional.

Peringatan Hari Radio Nasional bersamaan dengan berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI) pada 11 September 1945. Pada awalnya, perkembangan radio di Indonesia dimulai oleh Batavia Radio Vereniging (BRV) pada 16 Juni 1925 di Batavia atau Jakarta.

Dari situ, radio pun terus berkembang dengan konsep serupa. Hingga hadirnya radio Nirom.

Selain untuk menyebarkan informasi, radio pada saat itu juga digunakan untuk sebagai alat propaganda Jepang untuk Indonesia. Tak hanya itu, radio juga menjadi saksi sejarah dalam menyebarkan momentum proklamasi kemerdekaan.

Mengapa 11 September?

Tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Radio Nasional, mengapa? Pada tanggal 11 September 1945, delegasi radio berkumpul di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon.

Pertemuan itu dihadiri oleh wakil-wakil dari delapan bekas radio Hosu Kyoku, yakni Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto Harto dan Maladi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini