Merokok Sambil Minum Teh Panas, Risiko Kanker Naik 5 Kali Lipat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kamu perokok? Sebaiknya kurangi konsumsi teh panas agar kesehatanmu tidak semakin memburuk.

Pasalnya, dalam penelitian di Peking University Health Science Center, Cina, pada 2018 lalu, ditemukan fakta bahwa perokok yang hobi minum teh panas, maka risiko kanker yang dialaminya meningkat hingga lima kali lipat.

“Minum teh panas membuat risiko kanker meningkat hingga lima kali lipat pada para perokok dan pecandu alkohol,” kata peneliti utama, Jun Lv dalam laporannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Jun itu melibatkan 450 ribu orang dewasa selama sembilan tahun di Cina. Hasilnya sebanyak 1731 orang terserang tumor esofagus akibat peningkatan sel kanker.

Dalam riset tersebut, diungkapkan kemungkinan suhu panas yang merusak sel-sel dinding esofagus para perokok, sehingga kanker mudah menyebar.

Namun, bahaya teh panas itu hanya berlaku bagi para perokok dan pecandu alkohol. Risiko kanker akibat tingginya suhu teh tidak ditemui pada mereka yang bukan tergolong dua tipe tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini