Menyentuh! Ini Rekomendasi Film yang Mengisahkan Perjuangan Guru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November 2020. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Perjuangan seorang guru patut kita hargai dan banggakan. Profesi ini merupakan pekerjaan yang mulia, khusunya untuk generasi muda.

Rintangan dan tantangan seorang guru tidaklah mudah. Mulai dari memahami karakter murid yang berbeda-beda, menempuh perjalanan yang jauh, kurangnya fasilitas sekolah yang memadai, sampai menuntut pola pengajaran yang baru.

Setelah orang tua, guru juga memiliki peran yang penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Arti guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Sosok ini sangat diperlukan masyarakat. Penggambaran sosok guru muncul dibeberapa film. Kegigihan, keikhlasan, perjuangan, serta ketulusan seorang guru untuk mendidik anak bangsa ini. Berikut film-film yang wajib kalian tonton untuk memperingati hari guru!

1. Freedom Writers (2007)

Film ini mengisahkan perjuangan seorang guru yang mengajar para siswa, mereka adalah korban konflik antar ras yang terjadi di lingkungannya. Hal tersebut, memengaruhi psikologis siswanya. Tujuan dari seorang guru ini, ingin memberikan pendidikan yang layak kepada mereka. Karena mereka berhak mendapatkan yang seharusnya mereka dapatkan.

Sosok guru yang ada di film ini sangat menginspiratif, meskipun guru-guru yang lain tak sanggup lagi untuk mengajar mereka, tetapi berbeda dengan guru Erin. Maka dari itu dibanding mengajarkan pelajaran formal, sang kepala sekolah meminta Erin untuk mengajarkan para siswa sopan santun.

Kini dalam kehidupan nyata guru Erin telah membuat para siswanya berhasil. Mereka sangat berterima kasih kepada guru Erin, berkatnya siswanya dapat berubah. Yang tadinya dianggap sebelah mata oleh masyarakat, kini bisa menjadi orang-orang yang berguna.

2. Laskar Pelangi (2008)

Film Laskar Pelangi menceritakan kisah 10 orang anak yang tinggal di Belitung. Film ini sangat menginspirasi banyak orang, yang diadaptasi dari sebuah novel karya Andrea Hirata.

Laskar Pelangi ini bercerita tentang semangat belajar anak-anak yang tinggi di Belitung. Serta sosok guru yang digambarkan menanamkan semangat pantang mundur untuk meraih cita-cita.

Film ini sangat menyentuh, memiliki pesan yang kuat dan emosi yang sangat kuat. Dari film ini yang perlu kita teladani tentang perjuangan, sikap bertahan hidup dan dedikasi yang tinggi.

3. Sokolo Rimba (2013)

Film Sokolo Rimba menceritakan tentang Butet Manurung (Prisia Nasution) yang telah menemukan hidup yang diinginkannya. Ia ingin mengajarkan baca tulis dan menghitung kepada anak-anak yang tinggal di hutan bukit Duabelas. Hingga suatu hari Butet terserang demam malaria di tengah hutan, seorang anak tak dikenal datang menyelamatkannya.

Nyungsang Bungo (Nyungsang Bungo) nama anak itu, berasal dari Hilir sungai Makekal, yang jaraknya sekitar 7 jam perjalanan untuk bisa mencapai hulu sungai, tempat Butet mengajar. Namun melihat keteguhan hati Bungo dan kecerdasannya membuat Butet mencari segala cara agar ia bisa tetap mengajar Bungo.

Hingga malapetaka yang ditakuti oleh Kelompok Bungo betul-betul terjadi. Butet terpisahkan dari masyarakat Rimba yang dicintainya.

4. Sang Pemimpi (2009)

Sang pemimpi mengisahkan sosok seorang guru yang sangat menginspirasi murid-muridnya untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin. Meski harus melewati konflik dan masalah kehidupan, tetapi sosok guru ini selalu menyemangati muridnya untuk menuntut ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

5. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara bercerita tentang kehidupan enam santri dari daerah yang berbeda. Mereka dipertemukan untuk menentut ilmu disebuah pesantren Jawa Timur. Saat hari pertamanya di Pondok Madani (PM), Alif terkesima dengan ‘mantra’ sakti ‘man jadda wajada’. Artinya, “siapa iapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses.”

Di bawah menara masjid yang menjulang, mereka berenam kerap menunggu maghrib sambil menatap awan lembayung yang berarak pulang ke ufuk. Di mata belia mereka, awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing. Kemana impian jiwa muda ini membawa mereka? Mereka tidak tahu.

Yang mereka tahu adalah, jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Mendengar. Film ini mengajarkam kita bahwa menjadi guru haruslah memiliki berpikiran yang terbuka, agar mereka giat dan percaya diri setiap mimpi yang mereka miliki.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini