Rick Allen (Def Leppard)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah nama musisi yang santer terdengar rupanya penyandang disabilitas. Sebut saja salah satunya, Stevie Wonder. Tidak hanya jenius dalam bermusik, karya-karyanya telah mengantarkan Stevie menuju puncak kesuksesan.

Stigma bermain musik yang dianggap mustahil bagi penyandang disabilitas berhasil ditaklukkan olehnya. Namun, bukan hanya Stevie, ada banyak musisi lain yang berhasil meraih impian mereka dan bahkan menjadi legenda bagi pencinta musik.

Orang-orang yang telah menaklukkan kekurangan mereka dengan berkarier di dunia musik bahkan melangkah jauh dari apa yang diperkirakan. Simak, yuk, para musisi penyandang disabilitas yang telah dirangkum dari Enabled.in dan Disability Horizons!

1. Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven
Ludwig van Beethoven. (wikipedia)

Ludwig van Beethoven adalah seorang komposer dan pianis asal Jerman. Beethoven menjadi tokoh penting dalam seni musik Barat. Hingga saat ini, dia tetap menjadi salah satu komposer paling terkenal dan berpengaruh di seluruh dunia.

Beethoven lahir tahun 1770 di Bonn, Jerman, dan sudah menampilkan bakat musiknya sejak usia dini. Dia diajar oleh ayahnya, Johann van Beethoven, dan seorang komposer dan konduktor, Christian Gottlob Neefe.

Pada usia 21 tahun dia pindah ke Wina, di mana dia mulai belajar komposisi dengan Joseph Haydn dan mendapatkan reputasi sebagai pianis virtuoso. Dan, pada usia 31 tahun, Beethoven kehilangan pendengarannya.

Kendati demikian, dia masih meneruskan karier musiknya yang gemilang. Pada 1811, dia berhenti menjadi konduktor dan tidak lagi tampil di depan umum.

2. Stevie Wonder

Stevie Wonder

Stevie Wonder merupakan seorang musisi yang lahir pada 13 Mei 1950 di Saginaw, Michigan. Stevie sebenarnya tidak dilahirkan buta, namun menjadi demikian pada usia enam minggu karena inkubator tempat dia ditempatkan setelah lahir mengandung terlalu banyak oksigen dan menyebabkan Retinopati Prematuritas. Kondisi ini mengganggu pertumbuhan matanya dan menyebabkan retina mata terlepas sehingga mengakibatkan kebutaan.

Meskipun tidak bisa melihat, Stevie mampu memainkan piano dan instrumen musik lainnya tanpa masalah. Dia bahkan sudah mengoleksi puluhan piala Grammy Awards dan lagu-lagunya sukses berada di 10 besar tangga lagu Amerika.

3. Rick Allen (Def Leppard)

Rick Allen (Def Leppard)

Richard John Cyril Allen adalah seorang musisi dan drummer asal Inggris yang telah bermain untuk band Def Leppard sejak 1978. Pria yang akrab dipanggil Rick ini harus mengamputasi lengan kirinya setelah mengalami kecelakaan lalu lintas pada 1985. Kendati tidak mampu menggunakan salah satu lengannya, Rick terus bermain dengan Def Leppard hingga mencapai kesuksesan.

4. Michael Bolton

Michael Bolton

Michael Bolton adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Amerika. Dia terkenal karena lagu balada soft rock serta masa lalunya sebagai penyanyi grup musik Blackjack.

Pemilik nama asli Michael Bolotin ini tuli pada salah satu telinganya. Meskipun tidak mampu mendengar, namun Michael tetap eksis di dunia musik hingga mampu membawa pulang penghargaan American Music Awards dan Grammy Awards. Selain itu, dia juga menggubah lagu untuk artis-artis lain, seperti Kiss, Patti LaBelle, dan Kenny G.

5. Ray Charles

Ray Charles

Ray Charles yang lahir pada 23 September 1930 ini merupakan legenda di industri musik. Dia dikenal sebagai musisi yang membawa musik country ke tingkat yang baru dan berda. Frank Sinatra bahkan menyebutnya sebagai sosok legenda yang jenius. Selain itu, Ray juga muncul di film-film terkenal, seperti The Blues Brothers.

Dalam keadaan buta, Ray mampu memainkan piano, bernyanyi hingga beradu akting. Sebenarnya, Ray tidak terlahir buta. Penglihatannya mulai memburuk sekitar usia lima tahun dan benar-benar mengalami kebutaan dua tahun berikutnya. Terlepas dari kekurangannya, Ray mampu menciptakan lagu-lagu hits, seperti Georgia on My Mind dan Hit the Road Jack.

Jadi, itulah sederet musisi dunia yang memiliki disabilitas. Meskipun dalam keterbatasan, tidak lantas membuat mereka berhenti dalam karier bermusik. Semoga kisah mereka bisa terus menginspirasi para pemusik di manapun berada.

Reporter: Safira Ginanisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here