Mengenang Tragedi 9/11, Ini Film Tentang Runtuhnya WTC

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tragedi runtuhnya gedung World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat, akibat dua pesawat yang menabraknya pada 11 September 2001 meninggalkan duka yang mendalam. Kejadian itu menggemparkan dunia dan kini disebut sebagai tragedi 9/11.

Dua pesawat, American Airlines penerbangan nomor 11 dan United Airlines nomor 175, dibajak dan menabrak menara WTC itu. Setidaknya 2.977 orang meninggal dunia.

Sementara itu, di gedung pertahanan AS, Pentagon, 184 orang meninggal dunia setelah pesawat American Airlines nomor penerbangan 77 yang dibajak menabrak gedung itu.

Untuk mengenang teror 9/11 tersebut, banyak sutradara yang tergiur untuk menjadikannya sebuah film. Genrenya pun beragam, mulai dokumenter, hingga drama romantis.

Bertepatan pada hari ini, Jumat 11 September 2020, 19 tahun sudah tragedi itu terjadi. Buat kamu yang ingin mengingat tragedi itu lebih jelas, yuk simak film bertema runtuhnya menara WTC pada 11 September 2001 lalu.

1. Fahrenheit 9/11

Film Fahrenheit 9/11

Fahrenheit 9/11 merupakan film dokumenter sutradara dan penulis naskah Michael Moore. Film ini mengisahkan presiden Bush dan kaitannya dengan tragedi 9/11.

Beberapa hal yang diperlihatkan di antaranya perselisihan pemilihan di Florida, ikatan kuat keluarga Bush dengan tambang minyak di Arab Saudi, frekuensi waktu liburan pra 9/11 dan keributan pada peristiwa 9/11.

Film dokumenter berdurasi 122 menit ini tayang perdana pada 25 Juni 2004.

2. Extremely Loud and Incredibly Close

Film Extremely Loud Incredibly Close

Film satu ini bergenre drama/misteri dan merupakan adaptasi novel karya Jonathan Safran Foer ini disutradarai oleh Stephen Daldry dan penulis naskah Eric Roth.

Extremely Loud and Incredibly Close bercerita tentang seorang anak bernama Oscar Schell yang kehilangan sang ayah yang diperankan oleh Tom Hanks. Saking banyaknya kenangan dengan ayahnya, Oskar tidak bisa beranjak dari kesedihan. Bahkan hubungannya dengan sang ibu, Laura (Sandra Bullock) juga merenggang.

Saat Oskar berumur sembilan tahun, dia menemukan kunci misterius dalam sebuah amplop peninggalan sang ayah. Kunci tersebut kemudian membawanya bertualang mengelilingi New York. Oskar mencari sisa-sisa kenangan sang ayah dan mencari semangat untuk kembali hidup.

3. Zero Dark Thirty

Film Zero Dark Thirty

Selanjutnya ada film Zero Dark Thirty yang memiliki genre thriller. Film ini dibintangi Jessica Chastain, Jason Clarke dan Chris Pratt.

Zero Dari Thirty mengisahkan pemimpin kelompok militan, Al Qaeda yang menjadi buruan terbesar pemerintah AS terutama setelah peristiwa 11 September 2001, dan menewaskan ribuan orang. Bin Laden dituding sebagai dalang peristiwa tersebut.

Film ini berada dalam arahan sutradara Kathryn Bigelow dan penulis naskah Mark Boal. Film berdurasi 157 menit ini tayang perdana pada 11 Januari 2013.

4. Remember Me

Film Remember Me

Siapa bilang film tentang tragedi 9/11 harus melulu bergenre thriller, misteri atau action? Contohnya ada Remember Me yang memiliki genre drama romantis.

Film ini bintangi Robert Pattinson, Emilie de Ravin dan Pierce Brosnan yang mengisahkan sosok Tyler (Robert Pattinson) yang tumbuh menjadi anak yang tertutup dan kerap memberontak setelah kematian saudaranya. Hubungan dengan sang ayah pun buruk, dan membuat Tyler tak mau tinggal bersamanya.

Hingga suatu hari ia bertemu dengan Ally Craig (Emilie de Ravin), perempuan yang hidupnya tak kalah rumit. Kehidupan Ally seakan kosong setelah ibunya dibunuh. Sama dengan Tyler, Ally merasa hidupnya sudah tidak berguna lagi ke depan.

Meski film ini tak menjelaskan tragedi 9/11 dengan intens, di akhir film kamu bisa menemukan adegan yang mana ada hubungannya dengan tragedi memilukan itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini