Mengenal Probiotik dan Prebiotik, Apa Bedanya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu mendengar makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik? Tahukah kamu apa manfaat dan perbedaannya?

Probiotik dan prebiotik merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Meski terdengar mirip, keduanya memiliki peran yang berbeda dalam kesehatan kamu loh.

Lantas apa bedanya probiotik dengan prebiotik?

Dikutip dari Healthline, probiotik adalah bakteri menguntungkan, dan prebiotik adalah makanan untuk bakteri ini. Baik prebiotik dan probiotik penting untuk kesehatan manusia. Namun, mereka memiliki peran yang berbeda pula. Yuk simak!

Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang ditemukan dalam makanan atau suplemen tertentu. Mereka dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Probiotik juga membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang dapat menimbulkan gangguan, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik.

Prebiotik

Zat ini berasal dari jenis karbohidrat (kebanyakan serat) yang tidak dapat dicerna oleh manusia. Bakteri menguntungkan di usus Anda memakan serat ini.

Bakteri usus, secara kolektif disebut sebagai flora usus, atau mikrobiota usus, melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh. Salah satu hal yang dilakukan bakteri usus baik dengan serat prebiotik adalah mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek yang disebut butirat.

Mengkonsumsi probiotik dan prebiotik dalam jumlah seimbang dapat membantu memastikan bahwa kamu memiliki keseimbangan yang tepat dari bakteri ini untuk menjaga kesehatan mikrobiota ususmu.

Jenis makanan yang mengandung prebiotik

Untuk menambah asupan prebiotik dalam tubuh, ada beberapa jenis makanan yang kaya akan prebiotik. Itu karena prebiotik adalah jenis serat yang terdapat pada sayur, buah, dan polong-polongan.

Makanan yang tinggi serat prebiotik meliputi, kacang-kacangan, gandum, pisang, buah beri, asparagus, bawang putih, dan daun bawang.

Itulah perbedaan manfaat dan pengertian dari probiotik dan prebiotik. Jadi jangan keliru lagi untuk membedakan kedua nutrisi ini ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini