ilustrasi musim hujan
ilustrasi musim hujan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat hujan turun, suasana menjadi sejuk dan mengundang rasa malas. Makanya, kamu sering kali enggan meninggalkan tempat tidurmu ketika hujan.

Gak cuma bikin mager, hujan juga sering membuat ngantuk gaes. Bahkan, semakin deras hujan turun akan semakin mengantuk loh!

Hal tersebut ada penjelasannya kok. Dilansir dari Hello Sehat, suara hujan walau terkadang terdengar cukup kencang, tergolong dalam jenis suara yang tidak mengancam.

Sehingga suara hujan dapat meredam suara lain yang dapat membuat kita terjaga, misalnya suara kendaraan yang berlalu. Karakteristik suara hujan masuk sebagai salah satu jenis white noise, yaitu suara yang konstan.

White noise merupakan suara yang dapat didengar dengan frekuensi antara 20 hingga 20.000 Hertz (Hz) serta memiliki amplitudo serta intensitas yang sama. Salah satu jenis white noise murni yang dapat kita temukan adalah suara yang berbunyi seperti gelombang statis radio atau televisi, tapi jenis suara tersebut sangatlah tidak nyaman untuk didengarkan.

Nah, selain hujan, ada beberapa jenis suara yang merupakan white noise dan cocok sebagai pengantar tidur. Mulai dari deburan ombak, suara jangkrik, hingga suara angin di hutan.

Itulah mengapa suara hujan sering membuat kamu mengantuk. Jadi, jangan heran lagi saat hujan lebat turun kamu jadi tertidur ya!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here