Mendengar Suara Hujan Malah Bikin Kamu Ngantuk? Ini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat hujan turun, suasana menjadi sejuk dan mengundang rasa malas. Makanya, kamu sering kali enggan meninggalkan tempat tidurmu ketika hujan.

Gak cuma bikin mager, hujan juga sering membuat ngantuk gaes. Bahkan, semakin deras hujan turun akan semakin mengantuk loh!

Hal tersebut ada penjelasannya kok. Dilansir dari Hello Sehat, suara hujan walau terkadang terdengar cukup kencang, tergolong dalam jenis suara yang tidak mengancam.

Sehingga suara hujan dapat meredam suara lain yang dapat membuat kita terjaga, misalnya suara kendaraan yang berlalu. Karakteristik suara hujan masuk sebagai salah satu jenis white noise, yaitu suara yang konstan.

White noise merupakan suara yang dapat didengar dengan frekuensi antara 20 hingga 20.000 Hertz (Hz) serta memiliki amplitudo serta intensitas yang sama. Salah satu jenis white noise murni yang dapat kita temukan adalah suara yang berbunyi seperti gelombang statis radio atau televisi, tapi jenis suara tersebut sangatlah tidak nyaman untuk didengarkan.

Nah, selain hujan, ada beberapa jenis suara yang merupakan white noise dan cocok sebagai pengantar tidur. Mulai dari deburan ombak, suara jangkrik, hingga suara angin di hutan.

Itulah mengapa suara hujan sering membuat kamu mengantuk. Jadi, jangan heran lagi saat hujan lebat turun kamu jadi tertidur ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini