Membuat Pernak-Pernik dari Sedotan Plastik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sedotan biasanya hanya kita gunakan sebagai alat bantu meminum, dan khusus sedotan berbahan plastik biasanya kita akan langsung membuangnya setelah sekali pakai. Namun, ternyata sedotan plastik dapat kita jadikan menjadi kerajinan tangan bernilai seni tinggi lho.

Pada saat ini banyak sekali kasus penumpukan sampah plastik di dunia, salah satunya didominasi oleh sedotan plastik, hal ini karena sedotan plastik merupakan alat berbahan dasar plastik yang aling sering digunakan dan tentunya menjadi yang paling sering dibuang.

Dari pada dibuang dan malah merusak lingkungan dan menjadi sampah yang tidak berguna, lebih baik diubah menjadi kerajinan tangan. Selain dapat berguna kembali dan bermanfaat untuk semua orang, kita juga dapat menghasilkan uang dari kerajinan tangan berbahan sedotan plastik tersebut dan juga sebagai bentuk cinta lingkungan, yuk disimak apa aja kerajinan tangan dari sedotan.

  1. Vas Bunga

Siapa sangka sedotan yang selalu kita lihat dapat berubah menjadi vas bunga, biasanya ibu rumah tangga di rumah sangat suka merangkai bunga. Jika tidak punya vas coba saja gunakan sedotan untuk membuat vas. Bahannya tidak sulit dicari kok. Cukup siapkan gunting atau cutter, lem kayu, hiasan manik-manik, sedotan warna warni atau dua warna saja juga boleh, dan kaleng bekas.

Caranya, gunting sedotan bagian runcing agar menjadi rata dan tumpul. Lalu rekatkan pada kaleng yang bagian atasnya telah dipotong. Rekatkan sedotan dengan ditata selang-seling warnanya secara keliling beraturan. Barulah kemudian diberi manik-manik agar cantik.

  1. Bingkai Foto

Membuat bingkai foto dari sedotan plastik sepertinya akan terlihat cantik bukan? Apalagi jika ingin low badget tentu bingkai foto dari sedotan plastik adalah pilihan yang paling menarik dan kalian bisa membuat dengan bentuk yang sesuai kreatifitas serta imajinasi kita. Bahannya cukup mudah dicari, sedotan, pensil, gunting, triplek atau papan kayu tipis yang polos, dan yang terakhir lem kayu.

Cara membuatnya, siapkan sedotan-sedotan yang panjang, ambil lalu gunting sesuai lebar bingkai kayu yang akan digunakan. Tempel sedotan dengan jumlah yang sama dibagian pinggir kanan dan kiri kayu. Lalu, tempelkan juga sedotan dengan jumlah yang sama di pinggir bagian atas dan bawah, masukkan foto dan pajang bingkai sedotannya.

  1. Bunga

Terakhir, membuat kerajinan tangan berbentuk bunga dari sedotan plastik. Yup, sedotan dengan berbagai macam warna dapat dibentuk sedemikian rupa menjadi bunga warna-warni yang cantik. Kali ini kita akan mencoba membuat bunga mawar. Bahannya adalah sedotan warna pink, putih, dan merah, kemudian lem dan gunting.

Cara membuatnya, pertama, gunting secara vertikal pada ujung sedotan sepanjang 4 cm, lalu dipotong ke samping secara diagonal. Lalu, gunting kecil bagian bawah, bagian atas yang telah dipotong tadi digulung menjadi tangkai. Kemudian, bagian yang tidak tergunting digulung mengelilingi tangkai dengan rapi. Setelah sedotan habis digulung, jangan lupa beri lem pada bagian akhirnya. Ulangi langkah tersebut 1-5 kali hingga kamu bisa membuat buket bunga dari bunga sedotan itu.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini