Melindungi Tubuh dari Kanker, Salah Satu Manfaat Kecambah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kecambah atau tauge sering dikaitkan dengan kemampuan memperbaiki kesuburan pria. Namun kecambah tak hanya sekadar itu, ada begitu banyak manfaat dari tanaman satu ini.

Kecambah dapat membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dari vitamin inti, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Melansir Times of India, ada berbagai manfaat dari kecambah untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  1. Baik untuk pencernaan

Kacang-kacangan, biji-bijian, atau sayuran yang bertunas membantu menghilangkan asam fitat yang ada di membran yang membatasi keberadaan enzim pencernaan di dalam biji.

Sekarang, banyak enzim penting yang ada di dalam benih membantu memperlancar proses pencernaan, menjaga metabolisme terkendali, dan bekerja untuk meningkatkan reaksi kimia di perut saat kita mencerna makanan. Enzim juga memecah makanan lebih efektif setelah pencernaan, yang membantu menyerap nutrisi dengan lebih baik.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun sangat penting untuk memiliki buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian berkualitas baik untuk menurunkan berat badan secara efektif, kecambah juga merupakan pilihan yang sehat. Tidak hanya berisi nutrisi yang bermanfaat, tetapi juga rendah kalori, yang merupakan alasan utama banyak pengamat berat badan cenderung memilikinya dalam bentuk camilan.

  1. Baik untuk kekebalan dan peredaran darah Anda

Kecambah mengandung dosis vitamin dan mineral inti yang sehat seperti zat besi, tembaga, mangan, dan kalium yang membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan aliran darah dan yang terpenting, memasok darah beroksigen yang sehat ke organ-organ vital.

Dengan cara yang sama, kecambah dan kacang-kacangan diketahui meningkatkan tingkat Vitamin C dan profil antioksidan yang membantu sel darah merah dan mendukung sistem kekebalan tubuh, menangkal risiko penyakit dan infeksi.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kecambah mengandung asam lemak Omega-3 yang bermanfaat di dalamnya yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat yang berbahaya dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Sifat anti-inflamasi juga membantu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular, jika dilakukan secara teratur. Pastikan Anda menyertakan kecambah dalam makanan Anda.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Kuman dan kacang yang menyembur juga kaya akan vitamin A, Vitamin C, antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut Anda. Dikatakan bahwa Vitamin A merangsang pertumbuhan folikel rambut, regenerasi sel, dan juga menjaga kulit tetap terhidrasi.

  1. Memiliki sifat anti kanker

Kecambah juga mengandung banyak sifat detoksifikasi, ramah jantung, dan usus. Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa berkecambah mengandung glukoraphanin tingkat tinggi yang merupakan enzim inti yang melindungi tubuh Anda dari berbagai jenis kanker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini