MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar bahagia datang dari pasangan selebriti, Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Keduanya baru saja dianugerahi anak keempat yang berjenis kelamin perempuan.

Kabar kelahiran sang putri pun diumumkan Indra lewat unggahan Instagramnya. “Ahamdulillah hirobbil alamin. Senyum ini mewakili rasa terima kasih kita atas doa teman-temanku tercinta. Ibu & Anak sehat, lahir tanggal 20 Mei 2020 pukul 20.20 WIB. Sekali lagi terima kasih????,” tulisnya, dikutip Kamis, 21 Mei 2020.

Indra pun berbagi cerita seputar proses persalinan sang istri yang agak berbeda lantaran berlangsung saat pandemi Covid-19.

“Cerita kemarin, semenjak Covid-19 kebijakan RS tidak ngizinin suami atau pendamping pasien nemanin saat melahirkan SC. Dan ini pengalaman pertama gue enggak mendampingi Mona saat melahirkan, seperti 3 anak sebelumnya,” tulis Indra Brasco.

Indra pun resah, panik, bingung, takut karena harus merelakan Mona di meja operasi tanpa dirinya. “Terus terang rasanya kayak jantung pindah ke kaki, pokoknya awur-awuran. Salah satu yang nenangin selain berdoa ya video call-an bareng anak-anak, benar-benar nenangin banget. Paling enggak, enggak bikin Yandanya (sebutan anak-anak ke Indra) pingsan di depan pintu ruang oprasi?,” katanya.

Melahirkan di tengah pandemi corona seperti Mona Ratuliu tentu bukan hal yang mudah. Para calon ibu bisa jadi dirundung stres berlebihan lantaran takut terpapar Covid-19.

Namun, jangan khawatir! Buat para calon ibu di luar sana, persiapkan 4 hal ini ya jika kalian harus melalui proses persalinan selama pandemi corona.

1. Cari informasi selengkap-lengkapnya di rumah sakit tempatmu bersalin

Selama pandemi corona, tiap rumah sakit umumnya mengubah peraturan mereka mengenai persalinan. Nah, cari informasi spesifik di rumah sakit yang dipilih sebagai tempat lahiran ya. Apakah ada penanganan khusus, ada pakaian khusus yang harus dipakai, apakah diizinkan membawa seseorang ke ruang persalinan, dan sebagainya.

Lakukan pula konsultasi mendalam kepada dokter atau bidan di rs tersebut terkait risiko persalinan di tengah pandemi dan cara-cara mengantisipasinya.

2. Manfaatkan perangkat teknologi

Di masa pandemi ini, tentu akan sulit bagi calon ibu mendapat dukungan langsung dari keluarga selama proses persalinan. Karena itu, manfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

Siapkan smartphone dan gadget lainnya dengan internet agar mudah melakukan video call saat di rumah sakit. Jangan lupa siapkan juga earphone, charger dan kalau perlu meja khusus gadget untuk berkomunikasi selama di rumah sakit.

3. Jangan stres berlebihan

Tak dipungkiri, wabah corona ini membuat semua orang stres. Tapi para calon ibu jangan stres berlebihan ya. Kelola stres dan perasaan cemas yang ada dalam diri.

Tenangkan pikiran, berfokuslah pada proses persalinan yang akan dijalani agar kondisi tubuh tetap fit.

4. Tetap jalani protokol kesehatan

Jangan lupa, tetap lakukan protokol kesehatan yang benar selama pandemi ya. Demi mengindari paparan virus corona.

Hindari kontak dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit Covid-19, hindari transportasi umum jika memungkinkan, bekerja dari rumah jika memungkinkan, hindari pertemuan besar dan kecil di ruang publik terutama di ruang tertutup atau terbatas, hindari pertemuan fisik dengan teman dan keluarga, dan gunakan layanan telepon, SMS, atau online untuk menghubungi bidan, dokter kandungan, dan layanan penting lainnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here