MATA INDONESIA, JAKARTA – Mel Columcille Gerard Gibson atau yang biasa dikenal Mel Gibson, adalah seorang aktor, sutradara, dan produser film dari Australia. Pria kelahiran Peekskill, New York, 3 Januari 1956 ini terkenal berkat aktingnya dalam film-film yang ia perankan.

Mel Gibson telah aktif di dunia perfilman Hollywood sejak 1976. Gibson telah menerima puluhan penghargaan untuk karyanya di industri film, dari Aktor Terbaik hingga Sutradara Terbaik. Mel Gibson yang lahir di Amerika dan dibesarkan di Australia pada awalnya mendapatkan ketenaran berkat aktingnya yang sangat menawan pada era 80-an.

Gibson sekiranya sudah membintangi sekitar 60 film dan menyutradarai 9 film selama karirnya. Pria kelahiran New York ini dikenal sebagai tokoh film laga. Perannya dalam film Mad Max (1979), menjadi salah satu puncak ketenarannya.

Tahun 1977 Gibson berhasil lulus dari National Institute of Dramatic Art di Sydney. Film yang pertama kali ia bintangi adalah Summer City, kemudian disusul film-film berbujet rendah dan tidak terlalu terkenal.

Setelah Mad Max, Mel Gibson yang dijuluki Pria Paling Tampan di Muka Bumi ini, mendadak banting setir menjadi produser dan sutradara. Pada 1995 Gibson memproduksi, menyutradai, dan membintangi film drama epik historis berjudul Braveheart. Film yang menceritakan kisah William Wallace, seorang prajurit Skotlandia yang memimpin pasukan dalam Perang Kemerdekaan Skotlandia ini, berhasil membuat Gibson memenangkan Golden Globe dan Academy Award untuk Sutradara Terbaik.

Di usianya yang kini menginjak 65 tahun, Gibson memiliki sembilan anak. Tujuh dari pernikahannya dengan Robyn Moore, seorang suster yang ditemuinya saat menjalani ibadah di sebuah gereja Katolik di Forestville, New South Wales. Satu dari Oksana Grigorieva, dan satu lagi dari Rosalind Ross.

Mel Gibson yang berkarier sudah puluhan tahun memiliki banyak film, baik sebagai aktor maupun sutradara. Berikut adalah 10 film terbaik dari Mel Gibson.

Mad Max

Dalam film Mad Max, Gibson berperan sebagai polisi yang keluarganya dibunuh oleh geng yang kejam sehingga ia memiliki niatan untuk membalas dendam. Film ini mendapatkan terjemahan untuk rilisan Amerika Serikat.

Tim

Film ini menceritakan tentang buruh bangunan yang tampan. Dalam drama romantis ini Mel Gibson berperan sebagai Tim Melville, seorang pria muda cacat mental yang berselingkuh dengan wanita yang lebih tua. Karena film ini, Mel Gibson memenangkan Australian Film Institute Award dalam kategori aktor terbaik.

Gallipoli

Dalam film ini, Gibson mendapatkan apresiasi serta kritik dari penonton karena memainkan salah satu dari dua pelari cepat asal Australia yang dikirim untuk bertarung dalam Gallipoli di Turki selama Perang Dunia I. Film ini disutradarai oleh Peter Weir dan menyampaikan kengerian perang yang brutal. Beberapa adegan menegangkan dalam Gallipoli memanfaatkan musik karya Jean Michel Jarre berjudul Oxygène.

The Road Warrior (Mad Max 2)

Film ini hanya disebut The Road Warrior (Mad Max 2). Film ini sukses di pasaran, dan membuat nama Mel Gibson semakin diperhitungkan di Hollywood. Film ini juga menjadi salah satu film terlaris di masanya dan dibuat dengan bujet rendah.

The Year of Living Dangerously

Dalam film yang berlatar belakang Indonesia ini, Mel Gibson berhasil mendapatkan chemistry dengan lawan mainnya Sigourney Weaver. Mel Gibson berperan sebagai jurnalis dari Australia dan Weaver adalah pejabat Kedutaan Besar Inggris.

The Bounty

Dalam film ini Mel Gibson berperan sebagai Fletcher Kristen yang memberontak kepada atasannya Kapten Bligh (Anthony Hopskin) yang kejam. Film ini merupakan remake dari film lama Mutiny on the Bounty. Film ini dipuji karena penggambarannya lebih realistis dari pemberontakan yang sebenarnya.

Series Lethal Weapon

Dalam film ini, Gibson berperan sebagai Martin Riggs. Dia berpasangan dengan Danny Glover sebagai polisi veteran bernama Roger Murtaugh.

Braveheart

Braveheart merupakan film kedua dari Mel Gibson sebagai sutradara dan berhasil mendapatkan penghargaan Film Terbaik dan Penyutradaraan Terbaik untuk Mel Gibson. Film ini menceritakan kisah William Wallace, seorang prajurit Skotlandia yang memimpin pasukan dalam Perang Kemerdekaan Skotlandia.

Reporter : Mega Suharti Rahayu

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here