The Life of Muhammad

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, 29 Oktober 2020, umat Muslim di seluruh dunia tengah memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan hari lahir baginda Rasulullah SAW. Maulid Nabi diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Biasanya, di setiap daerah khususnya Indonesia, memiliki banyak tradisi untuk memperingati lahirnya Rasulullah. Namun, di masa pandemi ini, tampaknya banyak kegiatan tahunan yang harus ditunda terlebih dahulu.

Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa merayakannya ya. Ada banyak cara untuk tetap memperingati Maulid Nabi Muhammad, salah satunya dengan menonton kisahnya dalam sebuah film.

Yuk, sembari memperingati kelahiran Rasulullah, simak film bertema kisah Nabi Muhammad yang patut dijadikan teladan.

1. Mohammad: The Messanger of God

Muhammad: The Messanger of God

Film pertama yang bisa kamu tonton ialah ‘Mohammad, Messanger of the God’. Film ini merupakan karya sutradara Majid Majidi.

Majid merupakan sutradara yang pernah masuk nominasi Oscar. Proses produksi yang menghabiskan anggaran hingga hingga 40 juta Dolar atau setara 560 miliar Rupiah dilakukan di Iran.

Film ini menceritakan masa kecil Nabi Muhammad ketika diasuh oleh ibunya Siti Aminah, sang kakek Abdul Muthalib dan juga sang paman Abu Thalib. Tak ada penampilan fisik Nabi Muhammad SAW di sini. Hanya ditampilkan sosok putih yang bercahaya.

Majid mengakui bahwa dia membuat film ini untuk memerangi Islamofobia atau ketakutan terhadap Islam.

2. Muhammad: The Last Prophet

Muhammad: The Last Prophet

Film lainnya yang mengisahkan Nabi Muhammad ialah ‘Muhammad: The Last Prophet’. ‘Muhammad: The Last Prophet’ merupakan film animasi yang diproduksi pada tahun 2002. Film ini disutradari oleh Richard Rich.

Kisahnya tentang awal kehidupan serta penyebaran agama Islam oleh Rasulullah. Ada tiga babak cerita; Before the Light (kisah awal kakek Nabi Muhammad SAW), Salman the Persians (kisah Salman mencari hidayah), dan Great Woman of Islams (peranan wanita di awal kemunculan Islam).

3. The Message

Film The Message

Film lain yang menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad ialah ‘The Message’ yang tayang perdana pada tahun 1977. Film yang disutradari oleh Mostapha Akkad ini memiliki dua versi yakni Arab dan Inggris.

Film The Message bercerita mengenai awal kemunculan dan penyebaran agama Islam. Film Film ini bahkan masuk nominasi sebagai finalis kategori “Kisah Orisinil Terbaik” di Academy Awards ke 50.

4. The Life of Muhammad

The Life of Muhammad

Satu lagi film tentang kisah Rasulullah SAW yang bisa kamu tonton ialah ‘The Life of Muhammad’. Film ini layak ditonton apalagi buat kamu yang ingin tahu bagaimana sejarah Nabi Muhammad SAW.

Beda dengan beberapa film sebelumnya, ‘The Life of Muhammad’ merupakan film dokumenter yang disutradari oleh Rageh Omaar. Film ini meneliti kehidupan Nabi Muhammad dan asal usul Islam.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here