traveling gunakan pesawat

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi ini, liburan menjadi hal yang dirindukan, namun masih takut untuk dilakukan. Tentu banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk pergi berlibur.

Namun, faktanya ada beberapa jenis liburan yang dirasa aman dilakukan di masa pandemi ini, mulai dari staycation hingga solo traveling.

Sebagian orang mungkin sudah tak asing dengan staycation. Tapi bagaimana dengan solo traveling?

Solo traveling merupakan jenis liburan yang tidak melibatkan banyak orang. Bahkan bisa jadi hanya kamu sendirian menjelajahi destinasi wisata yang diinginkan.

Tren liburan itu dilakukan di masa pandemi seperti ini. Sebab, para wisatawan akan lebih mempertimbangkan faktor kesehatan, kebersihan, keselamatan, dan keamanan dalam memilih tempat wisata.

Meski tak melibatkan banyak orang, atau mungkin hanya kamu seorang yang sedang berlibur, tetap ada aturan dan protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Nah, buat kamu yang tertarik melakukan jenis liburan solo traveling ini, yuk simak tips amannya biar tetap nyaman dan terhindar dari paparan Covid-19.

1. Kurangi Interaksi dengan Orang Lain

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat solo traveling ialah mengurangi interaksi dengan orang lain. Jika kamu tipe orang yang senang berkomunikasi dengan orang asing dan berbagi pengalaman, lebih baik dikurangi dulu deh.

Pandemi Covid-19 yang ditularkan dari manusia ke manusia menuntut dirimu meminimalisir interaksi dengan orang, terlebih dengan orang yang tidak kamu kenal. Jadi, jika memang harus berinteraksi dengan orang asing, lakukan seperlunya saja ya.

2. Jaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan tentu menjadi keharusan saat sedang liburan. Kamu bisa menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencucinya atau membawa hand sanitizer menjadi standar protokol kesehatan diri sendiri selama masa pandemi.

Pastikan tanganmu sudah bersih sebelum, selama dan sesudah liburan. Selain melindungi diri sendiri, hal ini berarti kamu sudah ikut berpartisipasi untuk melindungi orang lain.

3. Jaga Jarak

Selain menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak tentu tak boleh dilupakan. Sebab, aktivitas liburan biasanya membuat dirimu lebih dekat dengan orang, contohnya kedekatan fisik pada saat kegiatan outdoor maupun indoor.

Namun, hal-hal seperti ini tidak bisa lagi dilakukan selama pandemi. Mulai dari berangkat liburan ke destinasi wisata naik mobil pribadi atau transportasi umum, sebaiknya kamu tetap menjaga jarak dengan orang lain ya!

4. Membawa Tas Berisi Peralatan Kebersihan

Sudah menjadi kewajiban dan keharusan untuk selalu membawa peralatan kesehatan dan kebersihan saat berada di luar rumah, apalagi saat berlibur.

Pastikan kamu menyiapkan satu kotak atau pouch tersendiri untuk barang-barang seperti tisu basah, sabun, hand sanitizer dan masker. Hal ini untuk menjaga diri agar tetap bersih, sehat, dan nyaman selama berlibur. Caranya dengan membawa satu tas kecil berisi barang protokol kesehatan.

Jangan lupa untuk periksa kembali dan jangan sampai ada yang tertinggal ya!

5. Pasang Reminder dan Saling Mengingatkan

Solo traveling membuatmu berlibur dengan minim kawan dan keluarga. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu melakukan traveling seorang diri.

Jika melakukan liburan seorang diri, ada baiknya memasang pengingat atau reminder ya. Pengingat tersebut berguna untuk mengingatkanmu selali cuci tangan, jaga jarak, atau membersihkan barang-barang yang sering kamu pegang.

Tapi, jika kamu berlibur dengan beberapa teman, tentu kalian bisa saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Tentunya, demi menjaga keselamatan diri dan orang lain.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here