Korea Selatan (Foto: Istimewa)

MINEWS, JAKARTA – Punya keinginan untuk liburan ke Korea Selatan tapi mentok di budget? Tenang, kamu bisa coba libuaran ala backpacker ke Korea Selatan yang dijamin nggak memakan biaya banyak.

Menjadi backpacker ke Korea Selatan bisa jadi alternatif untuk mengisi liburan akhir tahunmu. Dengan liburan ala backpacker, itu tandanya kamu harus hemat pengeluaran, tapi tetap bisa menikmati liburan.

Ingat, kalau mau hemat, jangan ikut jasa tour atau paket wisata. Waktu yan gmereka tentukan tidak flexible, mereka akan punya jadwal sendiri dan banyak peraturan yang justru bikin kamu merasa nggak bebas saat liburan.

Jika kamu ingin mencoba backpacker ala Korea Selatan untuk pertama kalinya, nih ada tips-tips yang bisa kamu ikuti:

1. Cari tiket promo ke Korea Selatan

Kamu harus rajin ngecek situs maskapai atau situs booking tiket supaya bisa dapet tiket murah. Atau kamu juga bisa pergi ke Travel Fair yang biasanya menawarkan promo atau potongan harga yang lumayan besar.

Karena tema liburan ini backpacker, kamu nggak perlu beli tiket yang first class, cukup yang sederhana aja alias kelas ekonomi. Dengan budget sekitar 4 jutaan, kamu udah bisa beli tiket untuk pulang-pergi.

Oh iya, karena kamu belinya tiket promo, ada catatan yang harus kamu ingat nih. Kamu harus menunggu lamanya keberangkatan sekitar 5 atau 1 tahun lagi. Tapi nggak ada salahnya kan menunggu? Pokoknya, liburan ala backpacker kamu bisa sukses dengan persiapan yang matang.

2. Siapkan dokumen visa

Jangan lupa membawa visa kalau kamu ingin berkunjung ke Korea Selatan. Mengurus dokumen visa ke Korea Selatan nggak seribet kayak yang kamu bayangkan, kok.

Siapkan saja beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk diajukan ke kedutaan besar yang ada di Jakarta. Kamu bisa unduh formulir pengajuan dan lengkapi dengan 3 foto latar belakang putih dengan ukuran 4×6, siapkan juga surat keterangan kerja atau surat keterangan mahasiswa aktif.

Kamu juga harus menyertakan bukti keuangan, seperti data rekening bank selama 3 bulan terakhir. Setelah semua dokumen diajukan, kamu bisa langsung pergi ke Kedutaan Besar Korea Selatan. Biaya untuk visa pribadi sekitar Rp 550.000 dan proses penerbitannya selama enam hari kerja.

3. Cari penginapan yang murah

Dengan konsep backpacker, berarti kamu harus cari segala hal yang murah tanpa mengurangi keseruan liburanmu. Cari tempat menginap yang ekonomis dan dekat dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi, supaya biaya transportasinya juga nggak mahal-mahal banget.

Supaya lebih hemat, kamu bisa mencari penginapan yang murah dengan tipe dormitory. Walaupun murah, tempat menginap di sana nggak abal-abal kok, karena hampir semua guesthouse di Korea Selatan nyaman dan bersih.

Keuntungan lain kalau kamu menyewa dormitory adalah, kamu bisa kenalan sama turis lain yang menginap di sana. Dari bertukar cerita, kamu bisa dapat teman baru, deh!

4. Susun rencana perjalanan

Rencanakan perjalananmu dengan matang, jangan sampai saat tiba di Korea Selatan, kamu bingung mau ke mana. Kamu bisa cari tempat wisata yang menarik bagimu.

Di Korea Selatan, banyak banget destinasi wisata gratis yang bisa kamu kunjungi. Ada Bucheon Hanok Village, yaitu kawasan rumah tradisional Hanok yang berada di kawasan Bucheon. Kamu bisa juga jalan-jalan santai ke Gwanghwamun Square, atau sekadar berpiknik di Sungai Han.

Jangan lupakan juga susun rencana transportasinya. Kamu bisa gunakan bus atau subway untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, atau beli T-Money yang bisa digunakan untuk para turis. Tapi kalau tempat wisata yang ingin kamu kunjungi nggak begitu jauh, jalan kaki aja, guys!

5. Sewa wifi

Demi kelancaran update di Instagram, kamu bisa patungan sama teman-teman untuk menyewa wifi. Paket data untuk internet wajib banget dipunya saat kamu liburan ke Korea Selatan.

Tanpa adanya internet, kamu jadi kesulitan untuk mencari beberapa informasi demi kelancaran liburanmu. Kalau kamu nggak sewa wifi, tenang aja. Di sana banyak wifi gratis yang bisa kamu gunakan. Misalnya di Bandara Incheon, kamu bisa langsung connect ke internet.

6. Bawa bekal dari rumah

Tips selanjutnya supaya kamu nggak keluar uang banyak, yaitu dengan membawa makanan dari rumah. Kadang makanan luar negeri nggak cocok sama lidah kita.

Kamu bisa bawa mie instan, sambal, bumbu pecel, kerupuk, kecap manis, atau apapun yang sekiranya kamu butuhkan untuk meminimalisir pengeluaranmu di sana. Catatan, jangan bawa banyak bekal ya, karena kamu wajib banget menyicipi makanan khas Korea Selatan yang enak-enak.

Kamu bisa mampir ke kedai kimbap, atau street food Korea Selatan lainnya seperti tteokbbeokki yang banyak dijual di daerah Myeongdong.

7. Pilih tempat belanja yang murah

Kamu masih bisa belanja atau beli oleh-oleh di Negeri Gingseng tersebut kok, walaupun konsep liburanmu backpacker. Ada banyak pernak-pernik lucu yang bisa kamu beli dan pajang di rumah, atau dijadikan sebagai oleh-oleh.

Kamu nggak perlu beli Hanbok, baju tradisional Korea yang harganya jutaan. Coba mampir ke tempat belanja yang menawarkan diskon gede-gedean. Kawasan yang tepat untuk berbelanja adalah Myeongdong atau Dongdaemun.

Kalau ke Korea Selatan, rasanya nggak afdol ya kalau belum beli kosmetik atau skincare. Nah, di Myeongdong banyak banget tuh yang jual produk kecantikan. Kalau kamu lagi hoki, sample produk yang dijual di toko-toko akan kamu dapatkan secara cuma-cuma tanpa harus membelinya. Lumayan banget kan? (Dinda)