Mau Cegah Teman Bunuh Diri? Dengerin Curhatnya Gaes

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Banyak cara untuk mencegah seseorang melakukan aksi bunuh diri. Salah satunya dengan mendengarkan curhat mereka agar mengurungkan niatnya tersebut.

Menurut Psikolog Lily Puspa Palupi S curhat bisa membantu mencegah orang yang punya keinginan untuk bunuh diri melaksanakan niatnya.

“Kalau ada orang terdekat yang punya keinginan bunuh diri, itu harus hati-hati dalam bersikap dan merespons orang itu, dengarkan curhatannya dengan seksama, tunjukkan sikap kalau kita peduli dengan ceritanya,” kata Lily, staf Subbagian Psikologi Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Sanglah Denpasar, Minggu 17 November 2019.

Lily pun menyarankan agar kita tetap rutin memeriksa kondisinya dengan cara bertanya tentang kabarnya. Lalu mengajaknya untuk konsultasi dengan tenaga profesional kesehatan mental seperti psikiater dan psikolog.

“Tujuannya supaya bisa membantu menemukan solusi dan memperbaiki kondisi psikisnya, sehingga tindakan bunuh diri dapat dihindari,” katanya.

Ketika mengetahui ada teman atau kerabat yang mengungkapkan keinginan atau menunjukkan indikasi mencoba bunuh diri, ia melanjutkan, sebaiknya benda-benda yang bisa digunakan untuk melakukan aksi itu dijauhkan dari mereka.

Menurut dia, orang dengan indikasi bunuh diri biasanya menunjukkan perubahan perilaku, emosi, dan cara berpikir. Perubahan itu kadang tidak disadari atau diabaikan oleh orang-orang sekitarnya.

Selain itu, pentingnya memahami diri sendiri agar mampu memiliki mekanisme menghadapi masalah dan mengoptimalkan dukungan sosial di sekitarnya. Harapannya untuk mencegah akibat buruk masalah kejiwaan.

“Jika tidak menemukan kepercayaan saat bercerita kepada orang lain, jangan ragu hubungi dan berkonsultasi dengan tenaga profesional kesehatan mental seperti psikiater dan psikolog untuk membantu menemukan solusi masalah. Atau memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi psikis yang bisa menjadi pemicu munculnya tindakan bunuh diri,” ujarmya.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini