Mau Awet Muda, Lakukan Olahraga Ini Setiap Hari

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika melakukan olahraga. Selain menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap bugar, dengan berolahgara dapat membuat awet muda. Namun, berdasarkan penelitian olahraga lari sangat disarankan. 

Para peneliti dari Universitas Leipzig di Jerman menilai dampak dari berbagai bentuk latihan terhadap tubuh manusia. Mereka membandingkan efek latihan daya tahan, HIIT dan ketahanan.

Penelitian ini melibatkan 266 sukarelawan dilakukan selama enam bulan. Peserta penelitian masuk dalam kategori sehat dan diminta mengambil bagian untuk berlatih tiga kali seminggu dengan jenis olahraga berbeda.

Masing-masing peserta secara acak menetapkan salah satu dari tiga bentuk latihan yang ditentukan atau dimasukkan ke dalam kelompok kontrol.

Pelatihan ketahanan melibatkan aktivitas berjalan dengan durasi lumayan lama. Lalu pelatihan HIIT terdiri dari pemanasan, diikuti dengan berlari interval dan pelatihan perlawanan seperti crunches, menekan dada, serta ikal kaki. Selanjutnya para peneliti menganalisis sel darah putih peserta yang dari awal penelitian, beberapa hari setelah penelitian dan akhir penelitian.

Para peneliti mencatat terjadi peningkatan aktivitas telomerase lebih besar dan telomer lebih panjang di sel darah putih pada peserta yang melakukan pelatihan ketahanan dan HIIT. Telomer adalah peregangan DNA yang dapat ditemukan di ujung kromosom dan memengaruhi cara manusia menua.

“Peningkatan itu berperan penting dalam penuaan sel dan kapasitas regeneratif,” kata Profesor Ulrich Lauds, salah satu penulis penelitian seperti dikutip dari Independent.

Dengan hasil ini, peneliti mengambil kesimpulan berlari di udara yang segar dapat menjadi jenis olahraga menguntungkan untuk memperlambat penuaan. Berlari juga dapat membantu membangun tulang yang kuat dan memperkuat otot-otot.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini