Mata Alami Kelelahan, Coba Lakukan Enam Hal Ini Sebentar Saja

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bekerja seharian di depan komputer atau bermain gadget sering kali membuat mata lelah, sehingga terasa panas, kering, gatal dan berair. Untuk itu, mata harus cepat-cepat diistirahatkan jangan terlalu di porsir karena akan merusak mata.

Nah, ada cara untuk mengatasi agar mata bisa kembali normal tidak mengalami kelelahan, berikut gerakannya?

1. Sauna telapak tangan

Cara ini dilakukan dengan menggosok kedua telapak tangan, kemudian tutup kedua mata dengan tangan yang sudah menghangat tersebut. Posisi kedua ujung jari bersandar di dahi, telapak tangan berada di atas mata, dan tumit tangan bertumpu di pipi.

Telapak tangan tidak boleh langsung menempel pada mata. Sisakan sedikit ruang untuk mata sambil memungkinkan tangan kita tetap menutup mata. Setelah itu lemaskan mata dan bersantailah selama beberapa detik hingga lima menit, dan lepaskan tangan perlahan dari mata.

2. Memutar bola mata

Santaikan badan serta lemaskan otot-otot pada mata dan wajah Anda. Setelah itu arahkan pandangan ke atas dan pelan-pelan gerakan bola mata membentuk lingkaran searah jarum jam.

Selama memutar bola mata, cobalah memfokuskan pandangan pada obyek disekitar anda. Lakukan gerakan ini sampai mata terasa lebih baik, dan terus ulangi sebanyak tiga kali lalu tutup mata dan bersantai lah sejenak. Lanjutkan dengan gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan sebanyak tiga kali.

3. Gonta-ganti fokus

Posisikan tubuh anda senyaman mungkin, lalu luruskan satu lengan Anda dengan posisi kepalan tangan yang sejajar didepan mata. Arahkan ibu jari keatas seakan membuat tanda “oke” lalu fokuskan pandangan pada ibu jari.

Jaga pandangan tetap fokus pada ibu jari sambil perlahan menarik ibu jari mendekati hidung sampai pandangan anda tidak bisa fokus. Tarik napas dalam-dalam, buang perlahan dan arahkan ibu jari ke posisi semula (menjauh). Ulangi lagi sebanyak sepuluh kali.

4. Melihat jarak jauh

Arahkan pandangan dan fokuskan pada satu objek yang jauh, jaga mata dan wajah agar tetap rileks. Setelah fokus pada objek yang jauh, tarik napas dalam-dalam dan geser pandangan Anda pada objek yang jaraknya lebih dekat. Lalu, pindahkan pandangan ke jarak jauh yang bervariasi, jangan lupa untuk istirahat sejenak.

5. Pijat wajah

Pijat dahi dan daerah sepanjang kedua alis serta daerah bawah mata dengan ujung jari-jari. Gerakan pijat ini dapat membantu meringankan tekanan pada otot mata dan wajah.

6. Melirik

Pertama tutup mata Anda, setelah itu gerakan mata ke atas sejauh yang anda bisa, tahan sebentar lalu gerakan ke bawah. Setelah melakukan gerakan ini beberapa kali, buka mata sejenak dan tutup kembali. Sekarang lakukan gerakan yang sama dengan arah ke kanan dan kiri untuk bebeberapa kali.

Berita Terbaru

Tolak Demonstrasi Anarkis Jelang Putusan Sidang Sengketa Pilpres

Dalam menjelang sidang putusan sengketa Pilpres 2024 yang akan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), antusiasme dan ketegangan politik di...
- Advertisement -

Baca berita yang ini