tips menjaga imun tubuh di musim penghujan
Ilustrasi hujan

MATA INDONESIA, JAKARTA-Musim hujan biasanya penyakit seperti flu dan pilek lebih mudah menyerang. Hal itu disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun karena letih dan lemah.

Nah, untuk menjaganya agar imunitas tubuh tetap kuat dan bisa melindungi diri dari serangan berbagai macam penyakit selama musim hujan, bisa melakukan tips berikut ini.

  1. Banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C

Agar kesehatan tetap terjaga selama musim hujan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini penting karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bila daya tahan tubuh Anda kuat, penyakit flu dan pilek tidak mudah menyerang Anda di musim hujan.

  1. Butuh asupan makanan bernutrisi

Konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Sediakan waktu istirahat yang cukup

Pastikan pula Anda beristirahat dengan cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam setiap harinya. Sedangkan untuk anak-anak, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 10 jam atau lebih. Jadi, pastikan kebutuhan tidur Anda tercukupi dengan baik agar kesehatan dan daya tahan Anda tetap terjaga.

  1. Rajinlah untuk berolahraga

Jangan jadikan musim hujan sebagai alasan untuk malas berolahraga. Anda tetap harus menyempatkan diri berolahraga secara rutin, karena kebiasaan baik ini termasuk salah satu “kunci” dari imunitas tubuh yang kuat.

  1. Merawat dan menjaga kebersihan diri

Agar tidak mudah terserang penyakit, Anda juga harus menjaga kebersihan diri dengan baik. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah batuk, bersin, membuang sampah, menggunakan kamar mandi, atau mengganti popok bayi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here