Ilustrasi makanan di musim hujan (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – DKI Jakarta dan sekitarnya mulai diguyur hujan deras dan angin kencang. Tentu ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan biar tetap aman dan nyaman saat hujan tiba.

Tapi, gak cuma menyiapkan peralatan seperti payung dan jas hujan saja, kondisi kesahatan dan daya tubuhmu juga harus diperhatikan. Salah satu caranya dari asupan yang akan kamu konsumsi.

Makanan yang kaya nutrisi bisa menjadi cara untukmu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Jadi, gak cuma asal hangat saja, kamu juga harus perhatikan nutrisi dan gizinya.

Nih, buat kamu yang masih bingung harus konsumsi apa saat musim hujan tiba, yuk coba beberapa jenis asupan di bawah ini, biar daya tahan tubuh kuat dan gak gampang sakit.

  1. Ikan

Makanan pertama yang perlu kamu konsumsi saat musim hujan ialah ikan. Ikan atau makanan laut lainnya cenderung sangat sehat dan bernutrisi tinggi. Sehingga, sangat cocok kamu konsumsi di musim hujan seperti ini.

Salah satu rekomendasi ikan yang bisa kamu olah dan kaya nutrisi ialah ikan sarden dan salmon. Ikan salmon mengandung omega-3 yang bagus untuk kesehatan mata dan memangkas risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, di musim hujan ini, kamu bisa mengolah ikan tersebut sebagai sup atau hanya ditumis dengan jamur atau sayuran lainnya.

2. Alpukat

Makanan selanjutnya ialah alpukat. Buah satu ini memiliki vitamin dan nutrisi yang tinggi dan bisa menjaga metabolisme tubuhmu.

Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2013, orang-orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah, lemak perut yang lebih sedikit, serta lebih terhindari dari gejala-gejala penyakit yang disebabkan akibat lemahnya metabolisme.

Selain itu, mengonsumsi alpukat juga bisa menurunkan tingkat kolesterol. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan alpukat sebagai salah satu asupanmu di musim hujan ya!

3. Susu

Gak cuma makanan, ada pula minuman yang bisa memberimu nutrisi tambahan dan menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan. Salah satunya adalah susu.

Umumnya, segala jenis susu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Nah, yang perlu kamu tahu bahwa minuman yang mengandung vitamin D sangat baik untuk daya tahan tubuh loh!

Maka, rutinlah minum susu dengan takaran yang pas. Lebih nikmat lagi kamu konsumsi saat hangat ya.

4. Kacang-kacangan

Satu lagi makanan yang bisa kamu konsumsi saat musim hujan ialah kacang-kacangan. Kacang-kacangan biasanya mengandung nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Nah, salah satu jenis kacang yang baik kamu konsumsi ialah kacang kenari. Makanan tersebut mengandung banyak omega-3 yang membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Jadi, udah tahu dong cemilan yang enak dan sehat buat nemenin kamu saat musim hujan?

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here