Masuk Musim Hujan, Ini Waktu Yang Tepat Untuk Berjemur & Dapatkan Vitamin D

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting, apalagi di saat pandemi Covid-19. Pemerintah dan dokter menganjurkan masyarakat untuk berjemur dibawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D agar meningkatkan daya tahan tubuh.

Terdapat waktu yang tepat untuk berjemur, agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. Meskipun sebenarnya, pendapat mengenai waktu yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari masih berbeda-beda di antara para ahli kesehatan.

Menurut Dr. Vinci Edy Wibowo, Sp.P, yang dilansir dari Gridhealth.id, mengatakan waktu yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari adalah pada pukul 08:00 – 11:00 atau pukul 14:00 – 16:00 selama 30-60 menit saja.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa siang hari adalah waktu yang tepat untuk berjemur. Hal ini karena, tubuh membutuhkan sinar matahari ultraviolet B yang ada pada sekitar pukul 10:00 – 15:00. Sebab, pada saat itulah memicu produksi vitamin D dapat bertahan dua kali lebih lama dalam darah.

Kemudian, bagaimana jadinya jika sedang musim hujan? Bagaimana cara mendapatkan vitamin D? Jawabannya, tentu saja dengan denga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Sumber vitamin D, yang pertama yaitu berasal dari ikan tuna, ikan salmon, hingga belut. Kedua, olahan susu yaitu seperti yogurt. Ketiga, mengonsumsi kuning telur. Selanjutnya yang keempat, mengonsumsi sumplemen atau vitamin D.

Meskipun sedang di musim hujan, masyarakat juga harus tetap mencoba mencari sinar matahari untuk berjemur. Memang jika sedang di musim hujan, cahaya matahari tidaklah sebanyak di musim kemarau. Akan tetapi, cuaca yang mendung masih terdapat sinar matahari walaupun hanya sedikit.

Sebelumnya, paparan sinar matahari meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah, sehingga bisa membantu kita untuk menghancurkan kuman pada tubuh. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang tercatat dalam American Journal of Clinical Nutrition, peluang terkena kanker dapat meningkat sebanyak 70% jika kita tidak mendapatkan cukup sinar matahari langsung.

Untuk itu, mulai saat ini ada baiknya menerapkan kebiasan baru untuk berjemur dibawah sinar matahari pagi agar meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Reporter: Marlita Nursanti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini