MATA INDONESIA, JAKARTA – Resepsi pernikahan di era New Normal ini memang berbeda. Acara pesta pernikahan yang diselenggarakan sejak akad nikah berlangsung hingga sesi ucapan selamat dari para tamu undangan dengan jamuan makanan yang disesuaikan dengan tradisi dan adat setempat pun mulai berubah pola dan caranya.

Hal yang paling utama dalam resepsi maupun acara pernikahan adalah mempelai pasangan pengantin harus menggunakan masker.

Awalnya, sebelum pandemik covid ini meledak dimana-mana, Oana Chaicac penata busana pengantin di Dublin, Irlandia iseng menaruhkan masker pada patung busana gaun pengantin di butiknya. Ternyata keisengan ini malah menjadi tren. Sekarang ini butik milik Oana diserbu para calon pengantin di Irlandia dan Inggris untuk memesan masker yang pas dengan busana pengantin. ”Di pandemi ini butik kami mendapatkan pesanan dari calon pengantin untuk membuat masker untuk mencocokan dengan gaun pernikahannya,” ujar Oana, seperti dikutip Daily Mail.

Di Turki, jika kedua mempelai harus mengenakan masker, pengantin perempuan lebih dulu mencocokkan masker yang akan digunakan dengan gaun pernikahan. Hal itu agar mereka bisa tampil serasi. Sejak 1 Juli 2020, Turki mengizinkan pernikahan, setelah beberapa bulan melarang penduduknya karena pandemi. Namun, mereka wajib menggunakan masker, baik pengantin atau para tamu.

Seorang desainer di AS bahkan telah menciptakan masker yang terinspirasi tuksedo untuk pengantin pria. Julie Joyner, dari Jules Joyner Designs, mengatakan tanggapan terhadap pasangan calon pengantin sangat besar.

Seorang perempuan mengatakan dia memiliki masker yang terbuat dari kain tambahan dari gaun pengantinnya. Riva Kalasho, pemilik Lace Boutique di AS, mengatakan orang-orang suka terlihat menawan ketika mereka menikah. ”Kami memiliki kain renda yang berbeda, kain (motif) bunga yang berbeda dan kemudian juga dapat ditambahkan kristal Swarovski,” katanya.

Bagaimana dengan Indonesia? Ivan Gunawan termasuk desainer yang memadukan masker dengan busana pengantin rancangannya. Saat pernikahan penyanyi dangdut Zaskia Gothic, Ivan memberikan sentuhan warna yang sesuai antara masker dengan busana pengantin yang digunakan Zaskia dan suaminya.

Aktris Vebby Palwinta yang melangsungkan pernikahan dengan Razi Bawazier pada 18 April 2020 lalu juga mengenakan masker yang sama dengan busananya. ”Siapa yang menikah di saat kondisi seperti sekarang ini dan pake masker buat nikahannya?” tulis Vebby, 22 April 2020 di akun instagramnya.

Dalam unggahannya itu, Vebby mengungkapkan bahwa ia sangat mendadak terpikir masalah masker. Namun, ia senang karena masker sudah dibuatkan oleh desainer Renzi Lazuardi. ”Kamu ter the best! Selalu mikirin detailnya sampe masker pun biar matching di pikirin ❤️,” kata Vebby.

Reporter: Tiara Sopyani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here