Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam merawat kulit agar sehat dan terlindung dari kerusakan. Manfaat vitamin C untuk kulit bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Untuk itu, tidak mengherankan bila kemudian ada begitu banyak produk kecantikan yang menggunakan Vitamin C sebagai salah satu bahannya. Apalagi, kulit juga membutuhkan nutrisi yang seimbang, seperti protein, air, lemak sehat, dan aneka vitamin untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Berikut manfaat vitamin C untuk perawatan kulit, seperti dilansir Times of India:

Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Photoprotection adalah salah satu manfaat utama vitamin C. Ini pada dasarnya berarti bahwa vitamin C dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Vitamin C juga diduga dapat membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit.

Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi, atau perubahan warna kulit pada bintik-bintik atau bercak dapat disebabkan karena banyak alasan. Vitamin C dapat membantu Anda mengurangi hiperpigmentasi untuk membuat kulit lebih cerah dan merata.

Tidak ada lagi garis halus

Selain melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, manfaat vitamin C untuk kulit wajah lainnya adalah mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik, vitamin C dapat mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan munculnya garis-garis halus pada kulit.

Dan vitamin C termasuk senyawa yang bisa meningkatkan biosintesis kolagen di kulit. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal. Tak hanya itu, kolagen juga membantu mengurangi kerutan halus di kulit wajah seiring dengan bertambahnya usia.

Efek menghidrasi

Vitamin C sangat menghidrasi kulit dan juga membantu mempertahankan kelembaban. Pakar perawatan kulit sekarang setuju bahwa hidrasi adalah inti dari kulit yang sehat. Jadi, apakah vitamin C layak untuk hype? Pastinya!

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat lainnya dari vitamin C lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Ya, Vitamin C mampu menghambat kerja melanosit, yakni sel yang memproduksi warna gelap di kulit. Dengan begitu, menggunakan produk berbahan dasar vitamin C dapat membantu mencerahkan wajah yang terlihat kusam.

Menghasilkan Kolagen

Salah satu manfaat utama vitamin C untuk kulit wajah adalah menunjang produksi kolagen. Sebagaimana diketahui, kolagen adalah sejenis protein yang berperan penting dalam memberikan elastisitas dan kelenturan kulit serta mendukung proses penyembuhan luka alami pada kulit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini